Alumni UMSU Asal Singapura dan Malaysia Diwisuda

KANALMEDAN – Dua alumni UMSU yang merupakan mahasiswa internasional dari Singapura dan Malaysia ikut diwisuda bersama 1943 wisudawan lainnya pada Wisuda Periode I UMSU, Selasa dan Rabu, (9-10/7) di Selecta Hotel Medan.

Kedua alumni tersebut yaitu Basrah Bee Binti Shaik Husein lulusan Fakultas Kedokteran berasal dari Singapura dan Noor Annisha Ilyani Binti Shafawi lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen.

Dalam pidatonya Binte Shaik Husain, mengaku bangga kuliah di Fakultas Kedokteran UMSU. Basrah menjadi lulusan yang menyampaikan testimoni mewakili rekan-rekannya merasa senang karena selama mengikuti perkuliahan banyak mendapatkan dukungan dan bimbingan dari para dosen dan teman kuliah. Sebagai mahasiswa asing, dia bisa dengan cepat beradaptasi sehingga tidak terkendala dalam mengikuti perkuliahan.

“Saya bangga dengan UMSU yang luar biasa. Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Rektor Agussani,” katanya.

Sementara itu, Noor Annisha Ilyani Binti Shafawi lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis asal Malaysia mengatakan selama kuliah di UMSU mendapatkan banyak pengalaman, teman baru dan mengenal berbagai tempat di Medan.

“Saya lebih banyak mendapatkan pengetahuan selama kuliah di UMSU, khususnya kultur Indonesia,” ujar Noor. Dia mengatakan setelah lulus akan melanjutkan pendidikan magister sembari kerja.

Sebelumnya, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyampaikan deretan prestasi nasional dan internasional dari mahasiswa dan para lulusan yang cukup membanggakan.

Rektor juga berharap para mahasiswa menjaga nama baik almamater dan mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang mempercayai UMSU sebagai tempat menimba ilmu untuk generasi muda. Selain itu, Rektor Prof. Agussani memohon dukungan para lulusan untuk menyukseskan Muktamar Muhammadiyah di Medan pada 2027. Seiring itu UMSU tengah menyiapkan infrastruktur kampus terpadu di Sampali, Deliserdang untuk tempat muktamar dan tower UMSU berlantai 17 untuk melayani administrasi dan pelayanan perkuliahan mahasiswa.

Dalam pidatonya, Rektor juga menyampaikan laporan perkembangan UMSU diantaranya, keberadaan mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan di jenjang sarjana. Ada sebanyak 63 mahasiswa asal luar negeri yang berasal dari Yaman, Thailand, Malaysia, Singapura dan Kamboja.

Tahun ini diharapkan jumlah mahasiswa luar negeri di UMSU bisa bertambah, diantaranya dari Sudan dan Vietnam. “Mudah-mudahan akan ada tambahan mahasiswa asing di UMSU untuk tahun ini,” katanya.

UMSU mewisuda sebanyak 1.943 lulusan selama dua hari dimulai Selasa (9/7) yang berlangsung di Selecta Convention Hall Jl. Listrik Medan.

Acara wisuda dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, MA dan Ketua LLDikti Sumut Prof. Saiful Anwar Matondang, PhD. Sementara sidang senat terbuka langsung dipimpin Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dan dihadiri anggota senat Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, MPd, Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, dekanat dan pimpinan pascasarjana. (Nas)

Basrah Bee Binti Shaik Husein lulusan Fakultas Kedokteran berasal dari Singapura (kiri) dan Noor Annisha Ilyani Binti Shafawi dari Malaysia lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen (kanan).


Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.