Sabtu, Wisuda 810 Lulusan UMA Bernuansa Aceh

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng, MSc (kedua kiri) diabadikan bersama Ketua Panitia Wisuda Dr Siti Aisyah, SPsi, M.Psi (kanan), Kabag Humas Suwarni SSos (kiri) dan Guru Besar baru Fakultas UMA Prof Dr Hj Sari Bulan Tambunan SE, MMA, seusai memberikan keterangan pers, di ruang kerja rektor, Kampus 1 UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Rabu (26/6/2024).

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) akan mewisuda 810 lulusannya, Sabtu (29/6/2024) di Gelanggang Serbaguna Kampus 1 UMA Jalan Kolam No 1 Medan Estate. Wisuda periode I tahun 2024 ini akan berlangsudang dalam nuansa adat Aceh, baik di ruang prosesi wisuda maupun di luar gedung prosesi wisuda.

“Nuansa adat daerah ini merupakan ciri khas UMA dalam setiap wisuda. Setiap wisuda kita menampilkan nuansa adat sebagai penghargaan kepada kekayaan budaya bangsa,” kata Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng, MSc didampingi Ketua Panitia Wisuda Dr Siti Aisyah, SPsi, M.Psi, dan Kabag Humas UMA Suwarni SSos, di ruang kerja rektor, Kampus 1 UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Rabu (26/6/2024). Turut hadir dalam konferensi pers itu, Guru Besar baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA, Prof Dr Hj Sari Bulan Tambunan SE, MMA yang akan menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda itu.

Rektor menjelaskan, wisuda kali ini memilih tema “Integrasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Generasi Tangguh dan Profesional yang Berwawasan Lingkungan Menuju Green Digital Unibersity 2029”. “Pemilihan tema ini karena kita memprogramkan pada tanun 2029 UMA akan jadi kampus digital berbasis hijau,” kata rektor.

Pada wisuda ini, tambah rektor, turut diwisuda dua orang lulusan Program Doktor Ilmu Pertanian. Ini wisuda ketiga UMA yang turut mewisuda lulusan Program Doktor Ilmu Pertanian.

“Pada wisuda ini nanti, tiga profesor baru UMA juga akan menyampaikan orasi ilmiah, yakni Prof Dr Hj Sari Bulan Tambunan SE, MMA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prof Dr Maswandi SH, MHum dan Prof Dr Taufik Siregar SH, MHum dari Fakultas Hukum UMA,” kata Prof Dadan.

Ditambahkannya, seperti wisuda-wisuda sebelumnya, wisuda juga akan tetap dimeriahkan bazar yang menampilkan produk-produk mahasiswa dan dosen UMA. “Bazar ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada keluarga wisudawan dan undangan yang hendak makan-minum dan berbelanja, apalagi banyak keluarga wisudawan datang dari daerah. Ruang prosesi wisuda tak mampu menampung mereka, jadi mereka bisa dengan nyaman istirahat sambil makan minum di arena bazar,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik.UMA ini.

Masih kata rektor, turut diundang untuk memberikan kata sambutan di depan wisudawa pimpinan Bank Indonesia (BI). BI adalah mitra strategis UMA karena memberikan beasiswa kepa 50 mahasiswa UMA per tahun.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Wisuda Dr Siti Aisyah, SPsi, M.Psi menjelaskan, 810 lulusan yang akan diwisuda berasal dari Fakultas Teknik 168 orang, Fakultas Pertanian 115 orang, Fakultas Ekonomi 190 orang, Fakultas Hukum 68 orang, Fisipol 83 orang, Fakultas Psilologi 103 orang, Magister Agribisnis 4 orang, Magister Hukum 22 orang, Magister Psikologi 10 orang, Magister Manajemen 5 orang dan Program Doktor Ilmu Pertanian 2 orang.

Siti Aisyah yang juga Dekan Fakultas Psikologi UMA ini menambahkan, rangkaian wisuda sudah diawali dengan menggelar Pelatihan Memasuki Dunia Kerja (PMDK) bagi calon wisudawan pada Rabu (26/6/2024) di Kampus 1 UMA. Kegiatan PMDK dibagi dua sesi yakni sesi pertama pukul 8.30 hingga 12.00 WIB, dan sesi kedua pukul 12.30 hingga 16.30 WIB.

Lalu pada Kamis (27/6/2024), seluruh wisudawan mengikuti gladi resik di Gelanggang Serbaguna Kampus 1 UMA. Selanjutnya pada Jumat (28/6/2024) dilakukan gladi bersih oleh seluruh pengisi acara, orasi ilmiah, prosesi dan panitia. “Dengan demikian diharapkan pada prosesi wisuda Sabtu mendatang berlangsung dengan baik dan tertib ” tuturnya.

Sementara itu, Prof Sari Bulan Tambunan mengatajan, dia akan menyampaikan orasi ilmiah tentang ilmu akuntansi terkait dengan laporan keuangan sesuai dengan bidang yang ia tekuni yakni akuntansi keuangan.

Sari Bulan Tambunan berterimakasih kepada Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs HM Erwin Siregar yang mendukung penuh dan memberi kesempatan kepada para dosen mengikuti program pemerintah dalam meraih jabatan fungsional tertinggi dosen, yaitu Guru Besar. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.