Kapolda Sumut Beri Kuliah Umum dan Launching Buku di UMSU

KANALMEDAN – Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K.,M.Si, menjadi narasumber kuliah umum pada penutupan Praktek Klinis hukum dan peradilan semu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Kamis (20/6) di Auditorium Kampus UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan

Pada paparannya, Irjen. Pol Agung menyampaikan pentingnya menjaga dan merawat norma sosial di masyakat seperti norma kesopanan, kesusilaan, adat, sosial agama yang harus tumbuh bersama norma hukum.

“Norma sosial tidak tertulis, namun dalam mengatur masyarakat yang banyak, sanksi tertulis dan tidak tertulis perlu dijalankan dengan baik,” kata Polda Sumut. Hal tersebut berkaitan dengan tujuan hukum yakni kepastian, keadilan dan kebermanfaatan. Ketiganya saling berkaitan untuk mencapai tujuan hukum yang baik.

Dalam makalahnya bertajuk ‘Praktik Penyelidikan dan Penyidikan’. Dia menjelaskan perbedaan penyelidikan dan penyidikan yang sering disalah artikan.

“Tugas kepolisian itu bagimana menjalankan praktek penyelidikan dan penyidikan. Jadi, ada esensi yang harus dipegang,” kata Irjen Pol Agung.

Menurutnya, masyarakat perlu paham bahwa Polri harus melalui proses penyelidikan terlebih dahulu, yakni serangkain kegiatan untuk menemukan peristiwa tindak pidana. Setelah peristiwa ditemukan, maka dapat dilanjut ke proses penyidikan yakni kegiatan menemukan siapa pelakunya.

“Semoga pengetahuan ini dapat dipahami bahwa terdapat proses-proses yang harus dilakukan. Berbagai hambatan membuat proses penegakan hukum kita tampak tidak mudah, murah dan cepat,” kata Kapolda Sumut.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumut menghimbau seluruh sivitas akademika UMSU turut mengendalikan peredaran narkoba, khususnya di Sumatera Utara karena 65% pelaku begal dan 80% kasus kecelakaan disebabkan oleh pengguna narkoba.

“Kalau narkoba dikendalikan dengan baik, maka angka kejahatan akan turun!” ujar Kapolda Sumut.

Acara yang digelar di Kampus UMSU ini dirangkai dengan launching Buku ‘Akademisi mengulas Polda Sumut’. Buku yang ditulis sejumlah akademisi UMSU ini merupakan hasil catatan Focus Grup Discusion terkait hasil Review 2023 dan Outlook 2024 Polda Sumut

Tulisan para akademisi dari latar keilmuan berbeda itu berupa apresiasi, kepedulian dan harapan kepada Polri, khususnya Polda Sumut. Diterbitkan oleh Penerbit UMSU Press ber-ISBN dan akan terbit tiga buku berikutnya.

Sebelumnya, Rektor UMSU Prof. Agussani menyampaikan latar belakang ditulisnya buku ini, yakni hasil diskusi pada kegiatan review dan Outlook Polda Sumut 2023 serta FGD review kinerja dan rencana kerja Kapolda Sumut 2024.

Dia juga mengatakan, kegiatan ini kolaborasi yang baik antara Polda Sumut dan UMSU, “Ini bukti sinergitas Polda Sumut dan UMSU berjalan dengan baik. Ini bagian yang dinantikan berkolaborasi bagi kemajuan negara,” kata Rektor UMSU.

Launching ditandai dengan penyerahan buku secara langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K.,M.Si, Rektor UINSU Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag, para Penulis dan perwakilan mahasiswa hukum.

Prof. Agussani berharap, buku tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat dan Kapolri, “Pak Kapolda selama di Sumut sudah tiga buku yang diterbitkan. Luar biasa, saya paling pegang prinsip Pak Kapolda, setiap memecahkan masalah pasti ada Solusi,” kata Prof. Agussani.

Rektor UMSU juga melaporkan capaian-capaian prestasi internasional yang diraih seperti peringkat 21 PTS di Asean versi AppliedHe, Kampus terbaik versi The Impacts Ranking 2024 hingga Universitas Islam Terbaik Dunia versi Unirank.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Faisal, S.H., M.Hum melihat kegiatan launching buku ini menjadi salah satu uapaya Kapolda Sumut dalam memperbaiki Sumberdaya di Sumatera Utara dengan melibatkan akademisi.

“Kita yakin kepolisian, kedepan lebih profesional, lebih baik dan humanis,” harap Dekan Fakultas Hukum.

Acara dihadiri oleh Kapolda Sumut, Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K.,M.Si beserta jajaran Kabid Hukum, Humas dan Reserse Narkoba, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, WR I Prof. Dr. Arifin Gultom, M.Hum, WR II Prof. Dr. Akrim, M.Pd dan WR III Dr. Rudianto, M.Si, Rektor UINSU, Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag, Staff Ahli UMSU Prof. Dr. Ibrahim Gultom, M.Pd dan Prof. Dr. Ir. Hj. R Sabrina, M, Si Para Pimpinan Fakultas, Dosen dan Mahasiswa Fakulta Hukum. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.