Kurban Ajarkan Keikhlasan, Kesyukuran dan Kesalehan Sosial

KANALMEDAN – Pada momentum Idul Adha 1445 H / 2024 M, Keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Tani Asli Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Deli Serdang, Senin (17/6/2024).
Kakanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengatakan esensi pelaksanaan kurban adalah mengajarkan keikhlasan,kesyukuran dan kesalehan sosial dengan berkurban.
“Berkurban harus dilandasi pada keikhlasan untuk menebus kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan,” kata Kakanwil.
Berkurban juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas Rahmat dan nikmat yang diberikan Allah SWT.
“Setiap detik kita menghirup udara untuk menjadi napas kita dalam menjalani hidup. Oleh karenanya berkurban merupakan bentuk pengorbanan kita atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT,” ucapnya.
Ahmad Qosbi menambahkan, laksanakanlah kurban dengan penuh keihlasan, bukan karena jabatan tetapi semata-mata bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.
Dalam kesempatan itu, Ahmad Qosbi mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pequrban yang menyisihkan sebagian hartanya sebagai salah satu bentuk kesalehan sosial dan wujud ketaqwaan kepada Allah SWT.
Sementara itu Ketua Panitia Arifin mengatakan, Kanwil Kemenag Sumut melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 9 ekor lembu dari 63 pekurban yang merupakan ASN Kanwil Kemenag Sumut dan juga salahseorang wartawati mitra Kitra kanwil.
Selanjutnya kata Arifin, sebanyak 614 daging kurban tersebut akan dibagika pada kepada pegawai Kanwil Kemenag Sumut, masyarakat sekitar kantor serta kepada anak yatim dan kaum dhuafa.
Turut hadir pada acara tersebut Kabag Tata Usaha H. Muhammad Yunus, MA, Kabid Urais Drs.H. Muslim, MM, serta pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut.sormin

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.