Buka Manasik Haji Medan Perjuangan, Kakan Kemenag Medan Sampaikan Hak dan Kewajiban Jemaah Haji

KANALMEDAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Dr. H. Impum Siregar, MA, menyampaikan pembinaan pelayanan dan perlindungan bagi calon jamaah haji (Calhaj) dilaksanakan berkelanjutan. Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Manasik Haji bagi Jemah Calon Haji (JCH) di Masjid Taufiq Medan Perjuangan, Sabtu (20/4).

Menurutnya, pembinaan dengan melaksanakan manasik haji. “Saya yakin
pelayanan termasuk pemerintah menyiapkan makanan secara gratis tiga kali sehari. Demikian juga layanan kesehatan di setiap kloter ada dokter dan perawat. Begitupun jamaah harus jaga kesehatan,” ucap Impun.

Selanjutnya perlindungan bagi jamaah disiapkan oleh pemerintah dengan memberikan asuransi jika jamaah wafat.
Hal lain disampaikannya, Calhaj akan berangkat sesuai jadwal Kelompok Terbang (Kloter) yang sistemnya di-qur’ah (diundi) di Kanwil Kemenag Sumut.

“Maka, Calhaj akan berangkat sesuai qur’ah apakah berangkat pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Pastikan kesiapan diri untuk berangkat,” ujar Impun.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Medan Perjuangan H Ramlan SAg MA mengatakan, Jemaah Calon Haji Kecamatan Medan Perjuangan pada musim haji tahun 1445 H/2024 M sebanyak 90 orang.

Dalam kesempatan tersebut, KaKUA berharap agar JCH mengikuti manasik sampai selesai dalam beberapa hari ke depan.

“Manasik ini sangat penting, karena dengan ilmu manasik kita akan dapat melaksanakan rangkaian ritual ibadah haji dengan baik dan insya Allah akan meraih predikat haji mabrur,” kata Ramlan.

Hadir pada acara tersebut KTU Kemenag Medan H Untung Nasutuon, Kasi Urais H Ahmad Kamil, Camat Kecamatan Perjuangan dan unsur Muspika lainnya. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.