1 Syawal 1445 H/2024 M Serentak di Seluruh Indonesia

KANALMEDAN – Tim Hisab Rukyat (THR) Sumatera Utara, memastikan 1 Syawal 1445 Hijiriah jatuh pada Rabu (10/4). Berdasarkan perhitungan hisab, ketinggian hilal di Sumut telah mencapai 7 derjat, atau sudah memenuhi syarat Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) baru.

“Berdasarkan data hisab tersebut di atas, alhamdulilah kemungkinan besar tercapainya mufakat bersama dalam menetapkan tanggal dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H serentak di seluruh wilayah Indonesia,” kata Ketua THR Sumut yang juga sebagai  Kakanwil Kemenag Sumut  H Ahmad Qosbi SAg MM, di Anjungan Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Selasa (9/4).

Untuk itu lanjutnya, pihaknya segera melaporkan kepada Menteri Agama RI, sebagai bahan pertimbangan dalam sidang penetapan isbat.

Sementara itu, Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan, berdasarkan pengamatan hilal di beberapa titik, menunjukkan hilal belum tampak karena ketutup awan.

“Tetapi tinggi hilal di Sumatera Utara, sesuai dengan perhitungan sudah berada pada lebih dari 7 derjat. Seharusnya itu bisa nampak. Di Indonesia dari Papua sampai Aceh, itu sudah di atas Mabims di Papua sudah 5 derjat dan di Aceh sudah 7,55 derjat,” jelasnya.

Sementara, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin seusai perhitungan hisab, mengajak kepada masyarakat Sumut, untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang melebihi dari kegiatan keagamaan.

“Mulailah dengan kegiatan takbir dikediaman masing-masing, secara normal dan mari kita bersykur, berbahagia dalam menyambut hari kemenangan ini,” katanya.

Terkait hilal yang tidak tampak, pihak  THR Sumut akan menyerahkan data-data perhitungan hisab Sumut kepada pusat.
Hadir dalam acara tersebut, Kabid Urais Kanwil Kemenagsu,  H Muslim, Katim Kemesjidan Hoirul Siregar, katim humas dan data Mulia Banurea,perwakilan dari MUI, UINSU dan ormas Keagamaan terkait. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.