Insan Pers Berduka, Wartawan Senior Irwan Ginting Berpulang

KANALMEDAN – Insan pers di Kota Medan, termasuk yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), tengah berduka.

Irwan Ginting, salah satu wartawan senior yang berpos di kantor Gubernur Sumut, meninggal karena ditabrak pengemudi mobil.

Peristiwa nahas tersebut tepat terjadi pada hari Jumat Agung, 29 Maret 2024 malam pukul 23.00 WIB di kawasan Padang Bulan.

Pelaku penabrak Irwan Ginting yang belum diketahui identitasnya diketahui telah berhasil ditangkap dan ditahan oleh aparat kepolisian.

Pada Sabtu, 30 Maret 2024 pagi hingga siang, jenazah Irwan Ginting disemayamkan di Jamburta Ras Delitua dan dilayat oleh berbagai kalangan, termasuk oleh Pj Gubernur Sumut, Hasanudin.

Semasa hidup, Irwan Ginting memang dikenal sebagai wartawan yang humble atau rendah hati. Dia telah malang melintang di berbagai media, baik cetak maupun media daring.

Oleh media tempat dia mengabdi, Irwan Ginting selalu dipercaya untuk berpos di kantor Gubernur. Tercatat ada tujuh gubernur Sumut yang pernah Irwan Ginting liput atau wawancarai.Baik dari mulai Gubernur Rizal Nurdin, Rudolf Pardede, Syamsul Arifin, Gatot Pujo Nugroho, Erry Nuradi, Eddy Rahmayadi, hingga Pj Gubernur Hasanuddin. Tiga nama pertama kini telah berpulang ke sisi-Nya.

Selain aktif di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan PWI Sumut, Irwan Ginting selalu bersedia untuk diajak ke berbagai organisasi kewartawanan di lingkup sektoral.

Tercatat juga ia aktif sebagai pengurus Forum Wartawan Kejaksaan Forwaka Adyaksa Sumut yang dipimpin oleh Donald Panggabean dan Forum Wartawan Pendidikan Sumut (Wardiksu) yang dipimpin oleh Vera Rosalina boru Sinaga.

Donald Panggabean dan Vera Rosalina Sinaga yang turut melayat mengaku terpukul atas kepergian Irwan Ginting.

“Kami kehilangan sosok sahabat yang rendah hati yang ada di dalam diri Bang Irwan Ginting,” ucap Donald Panggabean.

“Bang Irwan adalah bagian dari kami. Kami sangat merasa kehilangan. Namun demikian, semua ini adalah takdir dari Tuhan,” ujar Donald Panggabean menambahkan.

Irwan Ginting (kanan) bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Wadiksu.

Ia bilang, Forwaka Adhiyaksa menerima dan dengan ikhlas dan tabah atas kepergian Irwan Ginting. Pihaknya berharap agar keluarga Irwan Ginting tetap kuat dan sabar menghadapi duka ini.

Vera Sinaga menyampaikan hal senada. Ia bersaksi kalau Irwan Ginting adalah sosok yang baik dan berjasa bagi Forwaka Adhiyaksa dan Wardiksu.

“Sebelum berpulang, Irwan Ginting sempat menyampaikan keinginannya kepada kami untuk memindahkan anaknya ke SMA Negeri 2,” kata dia.

“Kami akan berusaha keras untuk membantu mewujudkan keinginan beliau itu,” tutur Vera Sinaga dengan tangisan yang sudah tidak dapat ditahan lagi. Selamat jalan, Bung Irwan Ginting! (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.