UMSU dan Pemkab Kampar Sepakat Kerjasama Pengembangan SDM

KANALMEDAN – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau sepakat menjalin kerjasama pengembangan sumber daya manusia, penelitian serta pengabdian masyarakat yanh ditandai dengan penandatanganan naskah M oU.

Penandatanganan naskah kesepahaman kerjasama dilakukan langsung Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dan Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali, SE, MBA, MH, Sabtu (6/1) di ruang VIP UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Kampar, Hambali, menyampaikan, seluruh jajarannya sangat antusias dalam penandatanganan MoU dan menjalin kerjasama dengan UMSU. Dipilihnya UMSU sebagai mitra dalam menjalin kerjasama, telah melalui berbagai pertimbangkan dari aspek-aspek yang dimiliki UMSU, salah satunya UMSU merupakan universitas terakreditasi unggul.

Hambali berharap MoU yang telah disepakati dapat diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Saya tidak ingin MoU yang sudah dijalin hanya sebatas di atas kertas saja, namun setiap MoU yang telah ditandatangani harus berjalan dan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Kampar ataupun UMSU. Tidak perlu banyak MoU tapi MoU yang ada dapat memberikan hasil,” kata Hambali.

Selain itu, kerjasama dengan UMSU kedepannya, tidak hanya dalam lingkup perkuliahan, tapi dapat berkolaborasi menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan di Kabupaten Kampar.

Harapan yang serupa disampaikan oleh Rektor UMSU Prof. Agussani, naskah kerjasama yang telah ditandatangani tidak hanya di atas kertas saja, karena UMSU selalu mengimplementasikan kerjasama agar memberikan dampak positif bagi ke dua belah pihak.

Prof. Agussani menyampaikan bahwa berjalannya kerjasama dengan baik juga tergantung dari komitmen Pemkab Kampar dalam mengimplementasikan poin-poin dalam MoU.

“Kita butuh membentuk tim kecil untuk diskusi tindaklanjut MoU yang telah ditandatangani, agar berjalan sesuai harapan,” saran Rektor UMSU yang disepakati oleh Pj Bupati Kampar.

Selain dengan Pemkab Kampar, UMSU telah melakukan sebanyak 533
kerjasama baik dari pihak luar negeri, kampus, instansi pemerintah, pemerintah daerah, ormas hingga dunia usaha.

“Nah, kita pernah menjalin kerjasama dengan Pemkab Rokan Hilir, memberikan beasiswa yang bersumber dari APBD untuk 10 orang setiap tahunnya bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan program Doktor,” jelas Rektor UMSU.

Selain penadatanganan MoU, Rektor UMSU dan Pj Bupati Kampar melakukan kunjungan di berbagai lokasi strategis UMSU seperti ruang studio, perpustakaan, pusat inkubasi bisnis, studio musik hingga melakukan siaran di radio UMSU.

Hadir pada pendatanganan MoU WR II UMSU Prof. Dr. Akrim, M.Pd, WR III UMSU Dr. Rudianto, M.Si, Para Dekan dan Wakil Dekan Se-UMSU, Asisten I Setda Kampar Ahmad Yuzar, Asisten 3 Setda Kampar Azwan, Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan Syahrizal, Kepala Bappeda Ardi Mardiansyah, Kepala DLH merangkap sebagai Plt Kepala DPMPTSP Kampar Yuricho Efril, Kadisbun peternakan dan kesan Marhalim Kadis Pertanian Ibu Nurilahi Ali, Plt KadisKominfo Irwan AR, Sekretaris Dinas Perkim, Syarkani, Kabag Umum Yogi Yudhistira, Kabag Kesra Yurnali, Kabag Hukum Khairuman dan Dirut PDAM Tirta Kampar Rusdi. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.