Kerja Tim di Era VUCA dan Digital

Oleh

Robert Sanjaya Sembiring, Samuel Morales Pandapotan Simanjuntak, R Meutia Fransiska, Putri Latifah Anum, Edi Zaman Berkat Gea (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara)

Era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguity) dan digital telah membawa perubahan yang signifikan pada dunia kerja. Perubahan ini menuntut para pekerja agar memiliki kemampuan dan keterampilan baru, termasuk kemampuan untuk bekerja sama dalam tim secara efektif. Kerja tim adalah sinergi dari beberapa orang yang memiliki kompetensi yang berbeda tetapi saling melengkapi tergabung dalam satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Mereka bekerja secara kolaboratif dengan saling membagi tanggung jawab agar tujuan yang ditetapkan dapat terwujud.

Perubahan di era digital menimbulkan tantangan dan peluang. Tantangan tersebut seperti persaingan global yang lebih ketat, kebutuhan untuk beradaptasi dengan teknologi baru, dan perubahan yang cepat dalam tren industri. Namun, tantangan  yang ditawarkan seperti kemampuan untuk terhubung dengan sumber daya yang lebih luas, akses ke peluang belajar online, dan kemampuan untuk bekerja jarak jauh. Peran teknologi sangat penting dalam meningkatkan produktivitas tim di era digital. Teknologi dapat membantu dalam memfasilitasi kolaborasi antara anggota tim yang terpisah geografis juga mengoptimalkan komunikasi, memudahkan akses ke sumber daya online, dan membantu dalam manajemen proyek secara efektif.

Dalam membangun tim yang berkualitas di era digital, strategi terbaik harus dicarikan dengan formula yang tepat, antara lain dengan pengembangan keterampilan digital, mengaktifkan peluang belajar online, dan memfasilitasi kolaborasi. Bersamaan dengan itu, juga diberikan motivasi anggota tim untuk berinovasi, kreatif dan cepat beradaptasi terhadap perubahan tren industri.

Kemajuan Teknologi di Era Digital dalam Membentuk Kerja Sama yang Efektif

Era Digital merupakan masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Kemajuan teknologi yang sangat cepat memberikan dampak nyata dalam meningkatkan produktivitas kerjasama dalam suatu perusahaan seperti adanya  beberapa aplikasi yang dapat membuat pekerjaan lebih efektif seperti zoom, cloud, canva, dan yang lainnya.  Menurut Vuchkovski et al (2023) dalam penelitiannya yang berjudul “A Look At The Future Of Work: The Digital Transformation Of Teams From Conventional To Virtual” bahwa digitalisasi dapat memudahkan proses komunikasi dan kerja dalam tim dengan diimbangi dengan keterampilan karyawan dalam bahasa dan teknologi.  Beberapa dampak kemajuan digital bagi kerja tim yaitu memudahkan tim dalam mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat, meningkatan kualitas SDM dengan pemanfaatan digitalisasi, dan menciptakan inovasi dalam berbagai bidang pekerjaan.

Komunikasi dan Kolaborasi yang Baik di Era VUCA

Era VUCA adalah era yang penuh dengan ketidakpastian, perubahan, kompleksitas, dan ambiguitas. Menurut Rachamachandran (2021) dalam penelitiannya yang berjudul “Leading in VUCA World” bahwa di era VUCA dimana perubahan terus terjadi secara cepat membuat para pemimpin perusahaan harus siap menghadapi lingkungan yang sulit diprediksi secara kreatif dan inovatif dengan mengindentifikasi dan mengatasi permasalahan.

Menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) tim harus mengadopsi strategi dan keterampilan khusus agar dapat tetap efektif dan mampu bertahan melalui :

Adaptabilitas: Selalu siap beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan, seperti teknologi baru atau perubahan pasar. Contohnya, tim IT yang siap mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi.

Komunikasi Terbuka: Memastikan komunikasi terbuka dan jelas untuk mengatasi ketidakpastian. Misalnya, tim proyek yang berkumpul secara rutin untuk membagikan perkembangan dan masalah yang mungkin muncul.

Pengambilan Keputusan Cepat: Mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan yang cepat dalam situasi yang berubah-ubah. Contohnya, tim manajemen yang merespons perubahan pasar dengan mengubah strategi produk secara cepat.
Meningkatkan Keterampilan Digital: Semua tim termasuk tim pemasaran harus memahami dan memanfaatkan platform media sosial secara optimal.

Kolaborasi Lintas Tim: Bersedia berkolaborasi dengan tim lain untuk mencapai tujuan bersama. Misalnya, tim penelitian dan pengembangan bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mempercepat peluncuran produk.

Pemahaman Lingkungan Eksternal: Memahami lingkungan eksternal seperti persaingan dan tren industri. Contohnya, tim strategi yang mengikuti perkembangan pasar dengan cermat.
Pelatihan Berkelanjutan: Menyediakan pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan tim. Sebagai contoh, tim layanan pelanggan yang terus-menerus diberi pelatihan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Evaluasi dan Pembelajaran: Terus mengevaluasi kinerja tim dan belajar dari pengalaman. Contohnya, tim proyek yang mengadakan retrospektif setelah selesai proyek untuk menilai apa yang berjalan baik dan apa yang perlu diperbaiki.

Kepemimpinan yang Kuat: Memiliki kepemimpinan yang kuat untuk memberikan arah dan dukungan dalam menghadapi tantangan era VUCA dan digital. Misalnya, manajer proyek yang mampu menginspirasi dan mengarahkan tim melalui perubahan.

Hal penting dilakukan perusahaan dalam menghadapi era VUCA yaitu membangun komunikasi dan kolaborasi yang efektif antar karyawan. Memahami keterampilan tim memungkinkan perusahaan untuk menentukan tugas yang sesuai untuk setiap karyawan. Kunci kerja tim yang efisien adalah tim harus mampu beradaptasi dengan perubahan secara cepat dan memastikan anggota tim memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan baru dengan demikian kerja tim di era VUCA akan terlaksana dengan efektif. (Penulis adalah Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen FEB USU).

Terima kasih atas bimbingan Ibu Dosen Prof Elisabet Siahaan SE MEc. *

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.