UMA Berikan ‘Reward’ kepada Dosen Berprestasi

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) memberikan reward atau penghargaan kepada para dosen berprestasi. Reward diserahkan pada acara Pertemuan Silaturahmi Keluarga Besar Dosen UMA, di Conference Room Siti Mariani Harahap, Lantai III Gedung Perpustakaan Kampus I, Jalan Kolam Medan Estate, Rabu (20/12/2023).

Reward berupa uang dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Saim (YPHAs) Drs HM Erwin Siregar, MBA dan Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan, MEng, MSc, disaksikan para Wakil Rektor. Hadir dalam acara itu sekira 350 dosen dari seluruh fakultas dan program pascasarjana di lingkungan UMA.

Ketua YPHAS HM Erwin Siregar dalam sambutannya mengatakan, silaturahmi dan pemberian reward ini karena dosen adalah penentu kualitas UMA. UMA bisa semaju sekarang karena didukung oleh dosen-dosen yang berkualitas dan berdedidikasi tinggi.

“UMA maju dan dipercaya masyarakat, bukan karena sarana dan prasarananya yang lengkap, tapi karena dosennya yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan klasifikasi yang sangat luar biasa. Ini yang mendongkrak prestasi UMA selama ini. Dan kalau kita tingkatkan karier dan kualifikasi dosen, saya yakin UMA makin hebat, apalagi kita nanti ekspansi ke luar negeri, berkolaborasi dengan peneliti-peneliti di luar negeri,” kata putra pendiri UMA Alm Drs H Agus Salim Siregar ini.

Erwin mengatakan, UMA tengah bersiap go internasional. Kendati program ini sudah dirintis sejak tujuh tahun lalu, pihaknya selaku pengelola UMA terus mempersiapkan sumber daya manusianya. Ini agar para dosen memiliki kualifikasi profesional saat UMA go internasional.

“Jika SDM dosen baik dari sisi karier maupun kompetensi, mereka nantinya tidak canggung menghadapi dosen-dosen luar negeri. Kita juga rutin mengadakan pelatihan bahasa Inggris bagi dosen agar mereka bisa menyaingi atau mengalahkan dosen-dosen luar negeri,” kata Erwin kepada wartawan seusai pertemuan silaturahmi dosen.

Intinya, kata Erwin, SDM dosen harus punya kualifikasi dan kompetensi serta profesional dalam menjalankan aktivitas akademik.

Sementara itu, Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dalam sambutannya mengajak seluruh dosen meningkatkan persaudaraan. Salain itu, dalam setiap memulai proses pembelajaran hendaknya mengawalinya dengan membaca Basmalah. Tapi jangan hanya dengan mengucap Basmalah dengan mulut saja, tapi harus menghayatinya.

“Bismillah adalah awal untuk memulai segala hal dengan meminta pertolongan kepada Allah. Dengan Basmalah kita akan menjalankan tugas dengan ikhkas dan tidak akan terbebani dengan pekerjaan. Senyumlah dalam melayani mahasiswa, karena senyum itu tak perlu dibayar,” kata rektor.

Di sisi lain, rektor mengatakan UMA sedang proses menuju akreditasi institusi Unggul. Semua dokumen sudah dipersiapkan, dan saat ini tengah dievaluasi. Semua persyaratan sudah terpenuhi seperti jumlah publikasi, akreditasi program studi, dan jumlah guru besar.

“Insya Allah dalam waktu dekat BAN-PT akan mendatangi kampus UMA melakukan visitasi dan penilaian apakah akreditasi insitusi UMA layak dapat peringkat Unggul,” kata rektor seraya berharap para dosen memberikan informaai bahwa UMA sedang penilaian BAN-PT menuju peringkat Unggul.

Adapun dosen berprestaai penerima reward itu, untuk kategori Guru Besar Baru Prof. Dr. Ir. Suswati, M.P, Prof. Dr. Ir. Siti Mardiana, M.Si, Prof. Dr. Taufik Siregar, S.H, M.Hum, Prof. Dr. Maswandi, S.H, M.Hum, Prof. Hasanuddin, Ph.D dan Prof. Dr. Syafrida Hafni Sahir, S.E, M.Si masing-masing menerima Rp5.000.000.

Kemudian kategori Dosen Terbaik Dr. Nina Siti Salmaniah Siregar, M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Dosen Teladan Ahmad Rafiki, B.BA, M.Mgt, Ph.D dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis masing-masing menerima reward Rp5.000.000

Kemudian reward kategori Luaran DIYA (Dana Internal Yayasan) UMA Tahun 2022 Terindeks Scopus diberikan kepada Nurul Khairina, S.Kom, M.Kom dari Fakultas Teknik.

Kategori Pengabdian dibiayai DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan, Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun 2023 diberikan kepada Dr. Rosliana Lubis, S.Si, M.Si (ketua), Dr. Ahmad Prayudi, SE, M.Si; dan Dr. Dra Effiati Juliana Hasibuan, M.Si dari Fakultas Sains dan Teknologi.

Untuk kategori Luaran Prototipe Tahun 2023, reward diberikan kepada Muhammad Idris, ST, MT (ketua), Dr. Rahmad Syah, S.Kom, M. Kom (anggota) dari Fakultas Teknik.

Kategori Penelitian DRTPM Tahun 2023, reward diberikan kepada Sutrisno, ST, MT (ketua), Andre Hasudungan Lubis, S.Ti, M.Sc (anggota) dari Fakultas Teknik. Lalu, Indra Hermawan, ST, MT (ketua), Muhammad Idris, ST, MT; Dr. Iswandi, ST, MT (anggota). Selanjutnya Dr. Rahmad Syah, S.Kom, M.Kom, Habib Satria, S.Pd, M.T; dan Nukhe Andri Silviana, ST, MT dari Fakultas Teknik.

Masih kategori Penelitian DRTPM Tahun 2023, reward juga diberikan kepada Prof. Dr.Ir. Tri Martial, MP dan Prof. Dr. Ir. Yusniar Lubis, M.MA dari Fakultas Pertanian. Lalu, Prof. Ir. Zulkarnain Lubis, MS, Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Tri Martial, MP dari Pascasarjana. Kemudian, Dr. Adelina Lubis, SE, M.Si, Dr. Ihsan Effendi, SE, M.Si; dan Haryaji Catur Putra Hasman, SE, M.Si dari Pascasarjana.

Selanjutnya Dr. Adelina Lubis, SE, M.Si dan Dr. Sugito, SE, M.Si dari Pascasarjana. Prof. Dr. Ir. Retna Astuti Kuswardani, MS, Dr. Ir. Suswati, MP; dan Dr. Ir. Siti Mardiana, M.Si dari Pascasarjana. Sherlly Maulana, ST, MT dan Indah Apriliya, SP, M.Si dari Pascasarjana. Prof. Dr. Ir. Siti Mardiana, M.Si dan Dr. Ir. Syahbudin, M.Si dari Pascasarjana. Lalu, Dr. Ihsan Effendi, SE, M.Si, Dr. M. Akbar Siregar, M.Si dan Dr. Adelina Lubis, SE, M.Si dari Pascasarjana, Prof. Dr. Ir. Suswati, MP dan Dr. Ir. Zulheri Noer, MP dari Pascasarjana. Dr. Nina Siti S Siregar, M.Si, Warsani Purnama Sari, SE, M.Si; dan Dr. Ahmad Prayudi, SE, M.Si dari FIsipol. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.