Kakanwil Kemenagsu Minta Madrasah Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengatakan pentingnya memperhatikan dan mengamalkan kebersihan dan kesehatan di madrasah.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenagsu saat menutup Lomba Madrasah Sehat Tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di MTsN 2 Deli Serdang, Rabu (13/12).

“Madrasah harus menyajikan semua aspek fisik yang aman dan bersih melalui penyediaan aspek-aspek seperti lingkungan yang menarik, tempat sampah tertutup yang memadai, ruang kesehatan yang berfungsi, fasilitas cuci tangan yang cukup, kantin yang dirancang dengan baik dan fasilitas toilet yang bersih, serta perilaku hidup sehat dari siswa, guru, kepala, hingga petugas di madrasah,” tegas Kakanwil.

Ahmad Qosbi juga mengungkapkan madrasah harus selalu tampak menarik dan nyaman. Ini memastikan bahwa siswa merasa lingkungan belajar mereka menyenangkan dan ramah. Lingkungan yang bersih mendorong kehadiran siswa yang lebih baik dan cara berfikir mereka juga tanggap dan proses pembelajaran dapat dicerna dengan baik.

“Madrasah sehat adalah langkah konkrit kesuksesan pendidikan di madrasah, sehingga edukasi dan inovasi dalam penerapan hidup bersih dan sehat wajib dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan warga madrasah pada umumnya dan peserta didik yang ada di madrasah khususnya. Dan madrasah sehat adalah ajaran agama yang harus diterapkan,” lanjutnya.

Kakanwil mengimbau Kepala Madrasah terus melakukan inovasi, penguatan organisasi, dan melek informasi sehingga madrasah yang dipimpinnya dapat melakukan terobosan sehingga meraih prestasi nasional maupun internasional.

Kakanwil menilai masih banyak manajemen madrasah yang belum profesional.karena itu, ia meminta agar memperbaiki dan meningkatkan kinerja secara profesional.

“Kepala madrasah dipilih karena hebat dan mampu serta profesional. Ini menjadi peringatan bersama agar ke depan tidak lagi melakukan kesalahan,” kata Kakanwil.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil dengan tegas mengingatkan bahwa bersih secara kasat mata tidaklah cukup, yang lebih penting dari itu adalah bersih jiwa dan pikiran.

Kalau jiwa dan pikiran sudah bersih maka lingkungan kerjapun akan ikut bersih. Artinya, Kata Kakanwil, jangan sampai ada kelompok atau kubu dalam satu gerbong. “Kita harus solid dan berada dalam satu komando.Lebih baik jadi pemberontak daripada jadi penghianat,” tegas Kakanwil.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut H. Erwin P. Dasopang, M.Si, Kepala Madrasah dan Kepala RA se Sumatera Utara serta Katim Humas dan Data, Mulia Banurea. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.