Universitas HKBP Nommensen Medan Wisuda 1.514 Lulusan, Ini Pesan Rektor

KANALMEDAN – Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan mewisuda  sebanyak 1.514 lulusan, dalam sidang senat terbuka di Gedung Auditorium Universitas HKBP Medan pada Jumat-Sabtu (27-28 Oktober 2023). Prosesi wisuda Ahli Madya, Sarjana, Profesi dan Magister serta Dies Natalis ke-69 itu mengambil tema “UHN Peduli Menuju Akreditasi Unggul”.

Turut hadir Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan MST., mewakili Ompui Ephorus HKBP,  Kepala LLDikti Wilayah I Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang., MA., Ph.D., mewakili Wali Kota Medan Ismael Marzuki Siregar, S.Pd. MAP, Bupati Nias Selatan Dr. Hillarius Duha., Ketua Pengawas Yayasan Capt. Dr. Anton Sihombing, Ketua Pengurus Yayasan UHKBPN, Dr. Ir. Budi Situmorang, MURP.,
ketua panitia wisuda Dr. Raya Panjaitan, M.M, dan Sekretaris Drs. Elvis Purba, M.Si

Dalam kesempatan ini juga, dilakukan pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Sartika Hutauruk (Psikologi), Tenaga Kependidikan berprestasi terbaik yaitu Ervina Sianipar, Hertina Siregar, Normina Manurung, Leni Sihombing, Ruslina Tampubolon dan Baringi Sianipar. Dlanjutkan dengan Dosen peringkat SINTA terbaik yakni Dr. Arsen N. Pasaribu, S.Sn., M.Hum, Dr. Richard AM Napitupulu, ST., MT, Parulian Siagian, S.T., M.T, dosen yang telah menyelesaikan Program Doktor, yaitu Dr. Ir. Maria Manik. M.Si., Dr. Ir. Parlindungan Lumbanraja, M.Si, Dr. Drs. Jonhson Pasaribu, M.Si

Rektor UHN Medan Dr. Richard A. Napitupulu, S.T., M.T dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati. “Ini merupakan wujud kesuksesan saudara-saudara dalam mengatasi berbagai tantangan. Kita juga patut mengucap syukur kepada Tuhan bahwa UHN Medan diberikan anugerah dan berkat  yang luar biasa selama 69 tahun bisa merayakan Dies Natalis. Untuk itu, seluruh civitas akademika diharapkan mampu meyatukan derap langkah menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengelolaan Universitas berdasarkan nilai-nilai UHN Peduli,” tegas Rektor.

Rektor menegaskan penyelenggaraan pendidikan seperti kampus UHN Medan tidak lagi berbasis pada input-proses-output tetapi harus berlanjut berbasis outcomes.

“Ke depan model tata kelola paperless dengan penerapan e-office akan kita gunakan untuk mendukung tata kelola yang baik,” tegas Dr. Richard lagi.

Rektor juga mengharapkan kepada semua lulusan untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi membawa nama Universitas HKBP Nommensen serta memberikan sumbangsih kepada almamater.

“Para alumni Universitas Nommensen telah menyediakan wadah bagi wisudawan-wisudawati untuk bergabung dalam Ikatan Alumni Universitas HKBP Nommensen Medan (IKA UHN). Diharapkan wadah ini akan membawa spirit bagi semua civitas akademika untuk semakin berkarya demi kejayaan UHN Medan,” ucapnya.

Rektor yang didampingi Wakil Rektor (WR) I Dr. Jadongan Sijabat, SE, M.Si, WR II Dr. Fery Panjaitan, M.Si, WR III Drs. Maringan Panjaitan, M.Si dan WR IV Dr. Ir. Erika Pardede, M.App.Sc juga menegaskan bahwa upaya strategis terpenting dalam membangun UHN sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang menghasilkan lulusan berdaya saing internasional, bermartabat, berjiwa kepeloporan dan berkarakter sebagai PTS dari Teaching University menuju Research University harus bertumpu pada 4 pilar utama yakni: 1) Peningkatan Kualitas Akademik, Non Akademik, 2) Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sumber Daya, 3) Peningkatan Kualitas Mahasiswa, Alumni dan Promosi serta 4) Peningkatan Kualitas Organisasi dan Penjaminan Mutu, kata Rektor.

Ketua Pengurus Yayasan UHKBPN, Dr. Ir. Budi Situmorang, MURP berpesan kepada wisudawan/i agar selalu membawa nama baik universitas di dunia kerja dengan modal yang sudah didapatkan di perkuliahan menuju Indonesia emas 2045.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Capt. Anthon Sihombing mewakili Pengawas Yayasan UHKBPN dalam sambutannya berpesan agar lulusan menghadapi kesulitan dan tantangan dengan semangat. “Hiduplah di tengah-tengah orang yang berintegritas. Itulah anak-anak lulusan universitas HKBP Nommensen. Adek-adekku sekalian, kalian harus berguna bagi sesama manusia. Jangan menjadi manusia yang sombong dan congkak. Semangat tegar berjuang. Hargai orgtua, ingat almamatermu,” pesan Pengawas Yayasan.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ismael Marzuki Siregar, S.Pd. MAP mewakili Wali Kota Medan. “UHN Medan sebagai salah satu universitas tertua, ribuan alumni telah tersebar di Nusantara dan mancanegara. Kita berharap para alumni akan mampu berkiprah dan memberikan sumbangsih bagi bangsa ini,” ucapnya.

Dr. Hillarius Duha, Bupati Nias Selatan menyampaikan terimakasih kepada para dosen yang telah membimbing anak-anak khususnya anak daerah Nias Selatan. “Sebanyak 21 orang anak kami dari Nias Selatan diwisuda hari ini. Ini bukan hal akhir dalam mencari ilmu pengetahuan. Ini adalah awal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di Indonesia dan penelitian adik-adik kami utk mencapai profesionalisme berbakti kepada bangsa dan negara,” katanya. (Nas)

Print Friendly