Kemenagsu Gelar Orientasi Penguatan Moderasi Beragama

KANALMEDAN-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara gelar kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Angkatan 1 di Aula Kanwil Kemenagsu, Senin (23/10).

Kegiatan tersebut diikuti Aparatur Sipil Negara, Pramubhakti Kanwil Kemenag Sumut, organisasi keagamaan, dan tokoh agama Sumatera Utara serta narasumber dari Pimpinan Ormas Keagamaan di Sumatera Utara, dan beberapa fasilitator seperti Dr. Abdul Jamun dari BRIN, Dr. Muhdib dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dr. Hanna Dewi Aritongan dari IAKN Tarutung.

Plt. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenagsu Drs. H. Muslim, MM mengapreiasi dan memberi penghargaan pada seluruh peserta yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Ia berharap Orientasi Pelopor menjadi langkah awal untuk mewujudkan Indonesia yang toleran, damai, rukun, dan harmonis.

“Semoga dengan moderasi beragama dan komitmen kita, keharmonisan tetap terjaga dan terbina dengan baik” ucap Kabag.

Ia juga berharap setiap umat beragama diharapkan dapat menjadi aktor kerukunan di tengah keberagaman yang ada.

Kabag juga mengatakan pelopor dan aktor penguatan moderasi beragama harus memahami situasi saat ini mengingat tahun politik di akhir 2023 hingga awal 2024 nanti.

“Kita harus menjadi aktor penengah, penguat persatuan, dan mengingatkan bahwa perpecahan itu menimbulkan permasalahan yang besar. Mari kita kawal tahun politik ini menjadi penyejuk bagi masyarakat,” katanya. (sor)

Print Friendly