Direktur Pascasarjana UMSU Buka Bazar UMKM

KANALMEDAN – Direktur Pascasarjana UMSU Prof. Dr. Triono Eddy M.Hum membuka kegiatan bazar UMKM dan Pengabdian Masyarakat. Bazar yang berlangsung di Kampus Pascasarjana UMSU, Sabtu pagi (7/10) itu mengambil tema : Promosi Produk Unggulan UMKM dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Si-L@ku bagi  anggota komunitas Rumah Kawan Bunda (RKB).

Kegiatan diawali dengan penandatanganan Implementasi Kerjasama Pascasarjana UMSU dan Program Studi Magister Akuntansi UMSU dengan Komunitas Rumah Kawan Bunda (RKB). Dilanjutkan dengan launching Aplikasi Si-L@ku yakni program laporan keuangan sederhana bagi UMKM.

Aplikasi Si-L@ku adalah produk penelitian terapan hibah Internal UMSU dari dosen-dosen Magister Akuntansi UMSU yang diketuai oleh Dr. Syafrida Hani SE., M.Si dengan anggota Dr. Irfan SE., MM., Dr. Al-Khowarizmi dan Elizar Sinambela SE.,M.Si (Cand.Dr). 

Pendampingan dan penyusunan laporan keuangan bagi anggota Komunitas RKB dilakukan sebagai bentuk diseminasi hasil penelitian dan sekaligus kegiatan pengabdian kepada Masyarakat. Dalam kesempatan ini, secara singkat juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya mengurus izin halal bagi UMKM oleh Halal Center UMSU dan tata cara pengurusan merk dagang oleh Pusat Kekayaan Intelektual UMSU.

Direktur Pascasarjana, Prof. Triono dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini adalah implementasi proses integrasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk karya nyata dosen-dosen pascasarjana UMSU dalam membantu persoalan di masyarakat dalam hal ini kelompok UMKM.

Founder Komunitas RKB Asri Wahyuni SE., setelah penandatanganan Implementasi kerjasama menyampaikan terima kasih kepada pihak Pascasarjana UMSU yang telah memberikan kesempatan bagi anggota komunitas RKB untuk melaksanakan bazar sebagai upaya promosi produk dan mendapatkan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi Si-L@ku untuk memudahkan anggotanya menyusun laporan keuangan sederhana.

Sebelum menutup kegiatan Ketua Program Studi Magister Akuntansi Dr. Eka Nurmala Sari menyampaikan bahwa kerjasama dengan Komunitas RKB tetap akan berlanjut dan menyampaikan komitmen bahwa Pascasarjana UMSU khususnya Prodi Magister Akuntansi siap bersinergi dengan Komunitas RKB sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan UMKM dan peningkatan ekonomi kerakyatan. (Nas)

Print Friendly