Ratusan Calhaj Kota Medan Ikut Manasik Haji Sepanjang Tahun

KANALMEDAN-Ratusan Calhaj (Calon Jemaah Haji) Kota Medan ikut manasik haji sepanjang tahun estimasi keberangkatan tahun 1445 H/ 2024 M di Asrama haji Medan, Sabtu (9/9).

Acara manasik tetsebut dibuka Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi SAg, MM dihadiri anggota Komisi VIII DPR RI, H Muhammad Husni SE MM, Kakan Kemenag Kota Medan Dr H Impun Siregar MA, perwakilan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Zulkarnain Nasution dan pimpinan KBIHU serta para Katim pada Bidang Haji.

Kakanwil Kemenag Sumut mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada calon jemaah haji kota Medan atas kehadirannya untuk mengikuti manasik sepanjang tahun dan juga terimakasih pada angota DPR RI atas perhatiannya pada jemaah haji khususnya jemaah haji asal daerah Sumatera Utara.

“Kita berharap, penyelenggaraan ibadah haji terus mengalami perbaikan dan pelayanan pada jemaah haji semakin lebih baik lagi dimasa yang akan datang” kata Qosbi.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengatakan selepas rakernas evaluasi haji beberapa waktu lalu, Kemenag RI telah melihat beberapa hal yang akan dilakukan seperti penguatan, peningkatan, dan juga perubahan.

Beberapa waktu lalu, kata Qosbi, Kementerian Agama RI melaksanakan Rakernas Evaluasi Haji 1444 H/2023 M. Rakernas tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi, salah satu diantaranya adalah penerapan syarat istithaah sebelum pelunasan biaya haji. Rekomendasi tersebut nantinya akan dikomunikasikan kepada DPR RI yang punya konstituen kemudian diputuskan bersama.

Kakanwil berpesan agar masyarakat menjaga kesehatan dan terus berdoa semoga bisa istithaah dan berangkat haji ke tanah suci tahun depan.

“Kegiatan ini sangat penting karena memberi informasi kepada calon jemaah haji baik terkait pemahaman ibadah maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji,” katanya. (Sor)

Print Friendly