Kakanwil Kemenagsu: JPD 2023 Momentum Junjung Tinggi Toleransi

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengatakan Kegiatan Jakarta Plurilateral Dialogue (JPD) 2023 merupakan momentum seluruh pihak untuk menjunjung tinggi toleransi dalam setiap kehidupan.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil saat mengikuti JPD di Hari Kedua, Rabu (30/8) di Hotel Borobudur Jakarta.
Sebelumnya (JPD) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Selasa, 29 Agustus 2023. Hadir juga Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Acara JPD 2023 yang mengusung tema “Strengthening the Culture of Tolerance by Unifying the UN Human Rights Council Resolution 16/18” menekankan urgensi untuk meningkatkan kerja sama internasional di tengah meningkatnya intoleransi di era digital.

“Acara ini tentu sangat penting karena seluruh stakeholder berkumpul dan diharapkan punya persepsi yang sama, tidak hanya nasional tetapi global. Bahwa toleransi harus dijunjung tinggi dalam setiap kehidupan kita,” ucap Kakanwil.

Di hari kedua ini misalnya, hadir beberapa narasumber seperti Duta besar Malaysia, Filipina, Australia, Timor Leste, Nigeria, Mesir, Arab Saudi, dan Mauritania. Semua sepakat pentingnya dialog dan kerja sama dalam mengatasi tantangan global dan sepakat terkait kerukunan umat.

“Selain berbagi pengalaman, pelajaran yang telah diperoleh, dan praktik terbaik dari negara mereka dalam mempromosikan toleransi dan pemahaman antariman. Tetapi semua sepakat bahwa toleransi dapat mengatasi tantangan global,” ucapnya.

Kakanwil juga mengatakan bahwa isu toleransi bukan sekedar opsi, namun menjadi prioritas bagi komunitas internasional. Kehadiran banyak pihak pada Dialog ini sepakat bahwa permasalahan global tersebut yaitu intoleransi dan diskriminasi tidak dapat diatasi satu negara saja, tetapi memerlukan kerja sama dan komitmen bersama antarnegara.

Kakanwil berharap dialog dan pemahaman tentang toleransi dapat diaplikasikan ke seluruh lapisan Masyarakat.

“Prinsip-prinsip toleransi semoga bisa kita aplikasikan ke lapisan masyarakat. Sehingga kita bisa hidup dalam perdamaian dan kerukunan,” tambahnya.

Kegiatan Jakarta Plurilateral Dialogue (JPD) 2023 dilaksanakan selama 3 hari mulai 29 Agustus sampai 31 Agustus 2023. (Sor)

Print Friendly