KSM Tingkat Sumut Dilalaksanakan di 32 Lokasi

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sunatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin P Dasopang, M.Si buka acara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 titik lokasi Kabupaten Langkat di Aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat, Sabtu (5/8).

Erwin mengatakan, kegiatan KSM tingkat Provinsi tahun ini dilaksanakan di 32 titik dengan total peserta sebanyak 1487.
Menurut Kabid, iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah perlu dibangun dan dikembangkan, dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

KSM, kata Erwin menjadi salah satu wahana kompetisi sebagai upaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islami, antara lain elaborasi sains dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an, konsep serta terapan yang ada dalam Islam, seperti zakat dan tema lainnya agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik; dan keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan dengan siswa-siswa olimpiade sains.

Tema KSM Tahun 2023 adalah Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi, Semoga “Ilmu” yang digapai dapat menambah kualitas ke”iman”an serta dibuktikan dengan “amal” sholeh pada kehidupan sehari-hari.

Kata Erwin, pembukaan KSM tingkat provinsi tahun 2023 titik lokasi Aula Kemenag Kabupaten Langkat dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat H. Ainul Aswad, Ketua Tim Seksi Kurikulum & Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Syawaluddin Matondang, Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Langkat H. Muhammad Syukri, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Langkat Hj. Siti Aminah, Kepala Seksi PAIS Kemenag Langkat H. Edi Rosadi serta Kepala-kepala Madrasah Negeri & Swasta se-Kabupaten Langkat. (Sor)

Print Friendly