Kakanwil Kemenagsu Bersyukur Pemulangan Jemaah Haji Lancar

KANALMEDAN- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara,H.Ahmad Qosbi SAg MM, mengatakan, kepulangan jamaah haji kloter 24 Sabtu(28/7) adalah kloter terakhir.
“Kembalinya jemaah haji kloter 24 ini sekaligus sebagai akhir kepulangan jamaah haji Debarkasi Medan,”kata Ahmad Qosbi yang juga Ketua PPIH Debarkasi Medan.
Dalam kesempatan itu, Ahmad Qosbi bersyukur karena selama prosesi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tetap berjalan baik dan lancar.
Atas kelancaran tersebut, pihaknya memberikan apresiasi pada semua petugas haji di PPIH maupun petugas haji daerah yang telah mengawal kelancaran perjalanan jamaah haji hingga kembali kerumahnya masing-masing.
“Tahun ini, dengan tagline Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia,semua petugas telah berupaya melaksanakan tugas sesuai juknis yang ditetapkan,”ujar Ahmad Qosbi.
Terkait jamaah sakit yang masih di Arab Saudi, Kakanwil menyebutkan, akan tetap mendapatkan perawatan.
“PPIH Debarkasi akan tetap berkordinasi dengan petugas di Arab Saudi.Kita doakan agar jamaah yang sakit di Arab Saudi bisa kembali di kloter terakhir,”ujar Ahmad Qosbi.
Sementara itu, Kabid Pemulangan PPIH Debarkasi Medan,Dr. H Torang Rambe menyebutkan, sesuai laporan pihak penerbangan Garuda Indonesia menyampaikan kelompok terbang 24 akan bergabung dengan jamaah haji asal Solo.
“Data yang tercatat ada 15 jamaah haji yang akan kembali bersama jamaah asal Solo yang dijadwalkan tiba di KNIA sekira pukul 13.20 WIB,”kata Torang Rambe.

Kloter 23 seorang wafat

Sementara kedatangan jamaah haji kloter 23 tiba di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan Jumat (28/7) sekira pukul 18.05 WIB. Jemaah haji disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H.Ahmad Qosbi MM, Ketua MUI Sumut,Dr H.Maratua Simajuntak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Dr. H Impun Siregar, Kankemenag Asahan H Syarifuddin Daulay MPd dan Kakan Kemenag Tapsel H Ihwan Nasution serta undangan lainnya.
Sekretaris PPIH Debarkasi Medan,Ilyas Siregar menyebutkan jamaah haji kloter 23 asal daerah Tapanuli Selatan,Kota Medan dan Asahan sebanyak 355 jamaah.
Dalam kloter ini ada empat jamaah yang mutasi keluar yakni,Nurhayani Jaonas Dalimunte manifes 112(wafat).Yatinem Saman Suhardi manifes 050(kembali kloter 19). Rosmini Wongso Ngadimin manifes 184(kembali bersama kloter 22). Hamjah Maqobul Sitompul manifes 157(tunda karena sakit).sor

Print Friendly