86 Proposal PKM UMSU Lolos, Tertinggi PTS se-Indonesia

KANALMEDAN – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil meloloskan 86 proposal pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang baru diumumkan Kemdikbudristek, Jumat (16/6/2023). Ini meningkat 100 persen dibanding tahun 2022 yang meloloskan 42 proposal. Dengan capaian ini UMSU menjadi PTS peringkat 1 se Indonesia dan peringkat 12 untuk PTN/PTS nasional dalam bidang PKM tahun 2023.

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan mahasiswa di bawah pembinaan SRCC UMSU yang mampu meloloskan sebanyak 86 proposal. Menurutnya ini adalah jumlah proposal tertinggi yang berhasil diraih UMSU selama ikut PKM.

“Alhamdulillah, ini capaikan yang sangat membanggakan. Mahasiswa UMSU sangat luar biasa. Dengan pembinaan SRCC kita bisa mendapat jumlah yang sangat fantastis.” ujarnya.

Ia berharap keberhasilan ini dapat dipertahankan di masa mendatang. Selain itu ia berkomitkan menjadikan PKM sebagai budaya kreatif di kalangan mahasiswa UMSU.

Sementara itu Ketua Student Research and Creativity Centre (SRCC) UMSU Fatimah Sari Siregar menjelaskan, 86 proposal mahasiswa UMSU berhasil lolos didanai kemendikbud tahun 2023 untuk 8 bidang yaitu PKMK, PKMKC, PKMKI, PKMPI, PKMPM, PKMRE, PKMRSH, PKMVGK.

Ia menyebutkan untuk tahun 2023 ini UMSU berhasil menghimpun lebih 1200 judul yang kemudian diseleksi menjadi 425 judul. Selanjutnya UMSU melakukan pendampingan penyusunan dan seleksi proposal dan berhasil mengunggah 250 proposal ke Kemndikbudristek.

“Antusias mahasiswa sangat tinggi, lebih 1200 judul yang masuk dan kami bekerja keras menseleksi hingga 250 saja yang terbaik kita unggah,” ujarnya. (Nas)

Print Friendly