UISU Siapkan 3.500 Kuota Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa baru UISU diwajibkan mengikuti ujian CBT (computer base test) sebelum mendapatkan nomor pokok mahasiswa (NPM) di Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan, Kamis (15/6).

KANALMEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menyiapkan 3500 kuota untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024 yang akan dibuka hingga akhir September 2023 ini. Demikian disampaikan Ketua Panitia dan Promosi Mahasiswa Baru UISU Dr. Liesna Andriany, M.Pd kepada wartawan kemarin (15/6) di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Dr lIesna yang didampingi Amrani, SE MM dan Dr. Pardi, SS. MS sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris mengatakan bahwa proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara online dan offline. “Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar ke meja pendaftaran di Kampus UISU Jalan SM Raja dan secara online melalui situs pmb.uisu.ac.id.

Dikatakannya, bahwa kuota 3500 untuk mahasiswa baru itu terdiri dari 36 Program Studi Sarjana dan Magister yang ada di 9 Fakultas di UISU. “Alhamdulillah, UISU memiliki peringkat akreditasi institusi B dan hampir keseluruhan prodi kita mendapatkan peringkat akreditasi B,”ujar Liesna. Untuk itu, pihaknya berharap agar calon mahasiswa baru dapat segera mendaftarkan diri sesuai dengan program studi yang diminati.

Untuk lokasi kampus, UISU memiliki 6 lokasi kampus yang ada di beberapa daerah di kota Medan. Pertama Kampus Induk yang juga pusat administrasi di Jalan SM Raja, kampus Fakultas kedokteran di Jalan STM dan Jalan SM Raja, Kampus Fakultas Pertanian di Jalan SM Raja dan Karyawisata dan Kampus yang berlokasi di Jalan Platina Marelan. Selain, UISU juga memberikan fasilitas beasiswa untuk mahasiswa baru yakni beasiswa KIP dari Kemendikbud, beasiswa untuk calon mahasiswa yang berprestasi dan beasiswa untuk calon mahasiswa yang hafidz al quran.

Terkait besaran uang kuliah, dikatakannya, berbeda-beda besarannya masing-masing prodi. Pastinya, kata Dr. Liesna, UISU memberikan keringanan pembayaran cicilan sebanyak 6 kali. Terkait, informasi menegani penerimaan mahasiswa baru UISU dapat dilihat melalui web www.uisu.ac.id atau datang langsung ke Pusat administrasi UISU Jalan SM Raja Medan.

Adapun proses penerimaan mahasiswa baru UISU, katanya, khusus untuk Calon Mahasiswa Fakultas Kedokteran dilakukan ujian Computer Base Test, Test Kesehatan, Wawancara dan Psikotest. Ketatnya seleksi penerimaan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam rangka meningkatkan kualitas input mahasiswa baru serta terbatasnya kuota penerimaan mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Sedangkan calon mahasiswa non Fakultas Kedokteran hanya mengikuti test ujian CBT. “Setelah dinyatakan lulus, calon mahasiswa dapat langung membayar Uang Pembangunan dan Cicilan Pertama sesuai prodinya dan mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa,”ujarnya. (Nas)

Print Friendly