FKIP UMSU Gandeng PPD Rembau Malaysia Implementasi Program Internasionalisasi

KANALMEDAN – Pejabat Pendidikan Daerah Rembau sepakat menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FKIP UMSU) dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Dekan FKIP UMSU Assoc. Prof Dra. Hj. Syamsuyurnita M.Pd dan Tuan Zamani bin Disin Salam Ketua Kementrian Pendidikan Daerah Rembau di Kampus UMSU di Jalan Kapten Mukhtar Basri, Mesan, Senin (12/6). Turut menyaksikan Wakil Rektor 3 UMSU, Assoc.Prof.Dr. Rudianto, MSi.

Dalam sambutannya, Rudianto mengungkapkan, sangat senang dan mengapresiasi kedatangan Pejabat Pendidikan Daerah Rembau, Malaysia .“Suatu kesempatan besar bagi kami karena dapat bermitra dengan Kementrian Pendidikan Daerah Rembau dengan harapan kedepannya dapat membentuk pengajar dengan benar baik teori maupun praktik di lapangan” Ungkapnya.

Dijelaskan, FKIP UMSU merupakan salah satu fakultas keguruan yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah dalam memberikan pendidikan pemantapan profesi guru. Kepercayaan yang diberikan ini menjadi modal penting sekaligus menunjukkan komitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang pada gilirannya memberi kontribusi positif pada lembaga. Kerjasama yang dilakukan diharapkan juga dapat diimplementasikan melalui program pertukaran tenaga pendidik dan praktik lapangan mahasiswa.

“Kami berharap kedepannya pendidik dari Fkip umsu dapat mengajar di sekolah-sekolah di Rembau, Malaysia” katanya.

Sementara, Dekan FKIP UMSU Assoc. Prof Dra. Hj. Syamsuyurnita M.Pd Menyampaikan bahwa UMSU sebagai salah satu Universitas terbaik se Sumatera Utara., memiliki beberapa kampus, yakni pascasarjana, kedokteran dan kampus utama. UMSU juga telah terakreditasi unggul dan telah mendapat rekognisi dari MQA, lembaga akreditasinya Malaysia.

“Harapan saya, dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa kami dapat melakukan KKN Internasional di Rembau ataupun pertukaran dosen untuk melakukan pengabdian internasional, sebagai upaya peningkatan calon pendidik dan meningkatkan kualitas pendidik” ungkapnya.

Tuan Zamani bin Disin Salam Ketua Kementrian Pendidikan Daerah Rembau merasa sangat senang dengan kerja sama dan silaturahmi ini,

“Kami sangat senang dengan sambutan yang begitu luar biasa dari UMSU. Dengan terjalinnya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Daerah Rembau Malaysia serta mutu pendidikan di indonesia serta dapat meningkatkan profesionalisme guru,” ungkapnya.

Silaturahim dan penandatanganan naskah kerjasama diisi dengan persentasi hasil penelitian atau karya ilmiah dengan 2 Presenter dari Pihak PPD Rembau Malaysia dan 3 Narasumber dari UMSU yaitu Dekan Dra. Hj. Syamsuyurnita, Wakil Dekan I Dr. Hj. Dewi Kesuma Nasution, M.Hum serta M. Khoirul Fahmi Ketua HMJ Bahasa Inggris.

Turut hadir, Ketua LKUI UMSU, Pimpinan Prodi se FKIP, dosen dan perwakilan Organisasi Mahasiswa FKIP UMSU. (Nas)

Print Friendly