LLDikti Lakukan Pendampingan Menuju UISU Unggul

Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D bersama tim saat memimpin diskusi dan pendampingan terhadap  UISU menuju akreditasi unggul di Auditorium Pusat Administrasi UISU Jl.SM.Raja, Kamis (4/5)

KANALMEDAN – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara secara intens melakukan pendampingan terhadap UISU dalam rangka mempersiapkan diri menuju akreditasi unggul. Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. bersama tim menghadiri diskusi dan pendampingan terhadap UISU menuju akreditasi unggul di Auditorium Pusat Administrasi UISU Jl.SM.Raja, Kamis (4/5/2023).

Kegiatan yang dihadiri Dekan, Ketua Prodi dan Lembaga Penjamin Mutu tingkat Fakultas di lingkungan UISU itu membahas strategi dan langkah-langkah strategis dalam rangka persiapan menuju akreditasi unggul. Hadir juga tim dari LLDikti yakni Madya Heriyanto, S.Sos Analis Kepegawaian, Isnina, SH, MH sebagai evaluator,  Irawan Sukma S.E, analisis pelaksana akademik kemahasiswaan, Suryaningsih, S.Pd sebagai pengolahan data, Panji Rizky Pratama, Staf Bagian Kemahasiswaan.

Rektor UISU Dr. Safrida, SE, M.Si pada kesempatan itu menegaskan bahwa hal yang paling krusial untuk dipersiapkan adalah implementasi 9 kriteria untuk masing-masing kegiatan yang ada di fakultas, maupun di prodi. Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU juga melaporkan bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah startegis untuk percepatan pengurusan Jabatan Fungsional. “Insya Allah, kita akan segera mengajukan 4 sampai 4 calon Guru Besar,” ujarnya.

Selain itu, masih menurut Rektor UISU bahwa pihaknya juga sedang melakukan percepatan untuk 10 dosen Lektor Kepala. Kemudian melakukan KKN Internsional serta penulisan artikel melalui forum ICMR dari seluruh dosen-dosen masing-masing Prodi di lingkungan UISU.

Dikatakan Rektor UISU, bahwa pencapaian UISU menuju unggul merupakan harapan dan cita-cota bersama seluruh civitas akademika UISU. Untuk itu, pihaknya berterimakasih kepada LLDikti Wilayah I Sumut yang bersedia melakukan pemdampingan. Sekarang saatnya kita berdiskusi, agar basis data kita  yang merupakan implementasi dari kegiatan prodi, fakultas, dan universitas itu dapat sesuai dengan kriteria unggul,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. dalam penjelasannya mengatakan untuk mencapai akreditasi unggul itu memiliki indikator yang utama. Yakni, selain kinerja perguruan tinggi bidang kerjasama internasional,  yaitu mengenai masalah SDM dan akreditasi.

”Syarat untuk baik sekali, harus ada lektor kepala dan doktor bagi S1 dan jika S2 harus ada 1 guru besar di prodi dan S3 minimal 2 guru besar di prodi dan semua doktor dan lektor kepala. Maka ketika kita mau unggul yang paling utama dapat patuhi syarat kurikulumnya dan kedua SDM dosen yang ada di UISU,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan paparan dan diskusi tim dari LlDikti dengan seluruh dekan, Ketua Prodi dan LPM Fakultas di lingkungan UISU untuk merencanakan strategi dan langkah-langkah taktis untuk mempersiapkan data dan dokumen guna memenuhi kriteria unggul. (Nas)

Print Friendly