Dukung Desa Asri, TPP Kemendesa di Dolok Masihul Tanam Ratusan Pohon

KANALMEDAN – Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kemendesa di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, melakukan penaman pohon di sekitar jalan dan  lahan kritis sekitar desa, Jumat (17/03/2013).

TANAM : Korcam TPP Dolok Masihul,Jaronggi Simbolon, saat memimpin Penanaman Pohon bersama para Kades dan warga desa. (KanalMedan/Foto; Sekar)

Penanaman pohon tersebut  dikordinir langsung Kordinator TPP Kecamatan (Korcam) Dolok Masihul, Jaronggi Simbolon, diikuti para Kepala Desa, BPD, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM),  Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Kegiatan melibatkan warga desa, kata Jaronggi Simbolon, merupakan  ujud kepedulian lingkungan dari TPP dan Kades. Sekaligus juga merespon Gerakan Hari Desa Asri Nusantara yang dicanangkan Kemendesa PDTT.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Kemendesa PDTT, gerakan menghijaukan dunia akan dilaksanakan secara serentak di nusantara pada Senin  20 Maret 2023 mendatang. Namun untuk tingkat Kecamatan Dolok Masihul,sudah dilaksanakan secara bertahap sejak pekan lalu. Sedangkan, kegiatan hari ini penanaman pohon difokuskan di sekitar Lapangan Bola Kaki Desa Kota Tengah.

Untuk Kecamatan Dolok Masihul sendiri, tidak kurang ratusan pohon sudah ditanam. Karena tiap TPP minimal menanam dua pohon, demikian juga para Kades, perangkat desa dan warga yang peduli.

KRITIS : Tim TPP dan para Kades di Dolok Masihul menanam pohon di pinggir jalan dan lahan kritis di sekitar desa. (KanalMedan/Foto: Ayu)

Kordinaor Zona TPP Wilayah Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Serba Jadi dan Kecamatan Tebing Tinggi, Mayjen Simanungkalit, mebenarkan, gerakan menanam pohon di desa-desa pada tiga Kecamatan atau Zona, sudah mulai dilakukan secara bertahab sejak pekan lalu.

“Para Kades, pemerintahan desa dan warga desa, sangat menyambut baik gerakan Kemendesa PDTT ini. Apalagi pohon yang ditanam banyak yang merupakan buah lokal dan kayu bermanfaat bagi warga desa”, kata Mayjen Simanungkalit. (Alex Marbun)

POHON : Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) juga Kordinator TPP Zona Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Serba Jadi, dan Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Mayjen Simanungkalit, berkenan saling berbagi Bibit Pohon Rambutan Unggul untuk TAPM Serdang Bedagai, Antonius Tarigan, dan sejumlah Pendamping Desa. (KanalMedan/Foto: Alex Marbun)
Print Friendly