Pengawas Madrasah Siap Hadapi Digitalisasi

KANALMEDAN-Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Asrama Haji Medan Rabu (08/3). Sosialisasi diikuti oleh guru-guru Madrasah dan pengawas se Sumatera Utara. 

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara  H. Erwin P Dasopang, M.Si hadir pada kegiatan tersebut dan mendukung penuh kegiatan Pengawas Madrasah Provinsi Sumatera Utara.

Kabid mengapresiasi dan berharap dimasa mendatang lebih ditingkatkan lagi dalam rangka memajukan madrasah di Sumatera Utara ini.
Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi Madrasah Smart Digital [MSD].

Erwin mengatakan Pengawas Madrasah dapat melakukan digitalisasi dalam pelaksanaan tugasnya  melalui Madrasah Smart Digital . Setiap Kabupaten Kota memiliki admin Madrasah Smart Digital (MSD). Melalui MSD diharapkan Pengawas yang profesional dan inovatif akan terwujud sesuai dengan harapan Menteri Agama RI  menuju Era Digitalisasi 4.0

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Nasional Pokjawasmadnas Drs. Zurni M.Pd menjadi pembicara pada kegiatan ini mensosialisasikan Kurikulum Merdeka. Zurni menjelaskan  tentang Pengertian Kurikulum Merdeka , Prinsip Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, Acuan Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah dan materi lainnya.

Zurni juga mengatakan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan siswa termasuk kegiatan ekstrakurikuler terdapat di Kurikulum Operasional Madrasah (KOM). ” Yang diinginkan kurikulum merdeka adalah bagaimana guru dapat melaksanakan apa yang dituliskannya pada rencana pelaksanaan pembelajaran, ” katanya. (sor)

Print Friendly