Anggota MPR/DPR H Irmadi Lubis Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Deli Serdang

KANALMEDAN – Anggota MPR/DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan H. Irmadi Lubis melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaa di daerah pemilihan (dapil)-nya di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Sosialiasi dilakukan di Aula Desa Selemak, Jalan Mustafa Kamil Dusun III Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (11/3/2023).

Irmadi Lubis mengatakan, sosialisasi empat pilar ini untuk memaparkan apa itu Pancasila, Undang Undang 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.. Namun, dari empat pilar tersebut dirinya melihat bahwa anak muda di Indonesia masih mengalami krisis identitas atau krisis kebangsaan.

“Maksudnya dari krisis identitas itu masih banyak anak muda yang belum tahu jati dirinya ke depan, arahnya mau ke mana, mau seperti apa dan tantangan apa kita ke depan,” kata Irmadi Lubis.

Selain krisis identitas, politisi PDI Perjuangan itu juga menilai, anak-anak muda di Indonesia juga masih banyak yang belum paham arti Pancasila.

Menurutnya, pengertian Pancasila itu sangat dalam tapi sederhana, dan bisa menyentuh semua kehidupan, misalnya budaya.

“Tapi kita jarang mengeksplornya. Dan tadi juga yang dikhawatirkan ada pertanyaan tentang krisis identitas bangsa Indonesia. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana kita berbicara Pancasila tidak hanya menjadi satu kata, tapi sebagai filosofi sebagai sesuatu yang membuat bangsa Indonesia yang punya gambaran untuk melakukan sesuatu untuk Indonesia lebih maju,” jelasnya.

Menurut Irmadi Lubis, identitas kebangsaan dan Pancasila itu harus ada pada jiwa anak muda, namun sampai saat ini masih krisis identitas tentang nilai kebangsaan.

“Saya rasa ini harus mengendapkan nilai-nilai Pancasila melalui program-program rencana pemerintah,” ucapnya.

Bahkan, bisa juga melalui penyiaran maupun konten-konten yang bisa menerjemahkan dan merealisasikan nilai-nilai Pancasila.

.“Kami berharap nilai-nilai Pancasila bisa disosialisasikan oleh teman-teman yang ada di DPRD dan juga eksekutif, agar masyarakat paham tentang nilai-nilai kebangsaan itu,” pungkasnya di depan peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan. (Nas)

Print Friendly