Kakanwil Kemenagsu Minta Penghulu Tingkatkan Layanan KUA

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag meminta para Penghulu di Sumut dan Aceh untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing. Kakanwil juga meminta agar para penghulu menyukseskan program moderasi beragama, revitalitasi KUA, dan percepatan penurunan stunting.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenagsu pada acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Layanan Pencatatan Nikah Bagi Penghulu Ahli Pertama dan Ahli Muda Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh di Hotel Wing Deli Serdang, Kamis (9/2).

Moderasi beragama dan revitalisasi KUA merupakan program prioritas Kementerian Agama. Untuk itu,kata Kakanwil, seluruh penghulu dituntut untuk mewujudkan program tersebut.

Menurut Kakanwil, peran KUA melalui revitalisasi semakin memperluas jaringan dan daerah kinerja, termasuk perannya untuk menjadi penguat kerukunan beragama di daerah masing-masing.

Kakanwil juga meminta kepada seluruh penghulu untuk terus meningkatkan pelayanan di tempat masing-masing.

Kakanwil berharap sarana dan prasarana di seluruh KUA segera terpenuhi karena sarana merupakan kebutuhan penunjang layanan prima.

“Semoga kebutuhan sarana prasarana dapat difasilitasi di seluruh KUA. Pelayanan prima juga tidak lepas dari pemenuhan sarana prasarana tersebut,” ucap Kakanwil.
Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengimbau kepada seluruh KUA untuk mewaspadai buku nikah duplikat ke luar negeri.

Bimtek tersebut diselenggarakan Bimas Islam Kemenag RI dan Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Sumut. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, dan Tim Monitoring Bimas Islam Kemenag RI, serta Praktisi Nasional akan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Hadir juga dalam Bimtek Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumut Drs. H. Muslim, MM. (sor)

Print Friendly