Kabag TU Kemenagsu: Ujian untuk Hasilkan Petugas Haji Andal dan Profesional

KANALMEDAN-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenagsu) melaksanakan Ujian calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan petugas nonkloter (Arab Saudi) di Aula Kanwil Kemenagsu, Rabu (25/1).

Ujian bertujuan untuk mencari calon petugas yang profesional dan andal dalam melaksanakan tugas dan kerja dalam penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1444 H/2023 Masehi,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi MM.

Rekrutmen Petugas, kata Qosbi, merupakan rangkaian dari penyelenggaraan ibadah haji.

“Hari ini kita melaksanakan ujian rekrutmen Petugas Ibadah Haji yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Melalui rekrutmen diharapkan akan mendapatkan petugas yang andal, profesional, dan siap melayani, membina, dan peduli dengan jemaah haji kita,” kata Kabag.

Dalam kesempatan itu, Kabag berpesan pada lpeserta ujian agar menanamkan niat tulus semata-mata untuk melayani jemaah dan yakin pada kemampuan sendiri.

“Tanamkan niat tulus bahwa saudara/i mendaftar semata-mata untuk melayani tamu Allah dan bernilai ibadah. Jangan ada niat semata-mata untuk mengambil kesempatan individu seperti kesempatan berhaji atau medapatkan materi. Ikuti semua prosedur dan yakinlah dengan kemampuan diri sendiri. Karena ujian ini dilaksanakan secara profesional, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.

Kabag juga mengatakan bahwa seluruh peserta mendapatkan hak dan kesempatan yang sama. Artinya jika belum terpilih, jangan berkecil hati karena peluang untuk menjadi petugas di tahun selanjutnya masih terbuka lebar.

“Semua peserta punya kesempatan yang sama. Jangan berkecil hati karena ini kompetisi yang sehat dan profesional. Jika belum terpilih, maka jadikan evaluasi untuk menjadi lebih baik di tahun berikutnya,” ujar Kabag.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh H. Zulfan Efendi, S.Ag, M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan rekrutmen berdasarkan UU No.8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Surat Dirjen PHU Kemenag RI tanggal 28 Desember 2022 tentang Perekrutan PPIH, dan SK Kepala Kanwil Kemenagsu tentang Susunan Panitia Seleksi PPIH Tahun 2023.

Peserta yang mengikuti ujian rekrutmen tersebut terdiri dari PPIH Non Kloter berjumlah 50 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 10 orang, dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) berjumlah 9 orang. (sor)

Print Friendly