Kemenag Sumut Akan Seleksi Petugas Haji Tahun 1444H/2023 M

KANALMEDAN-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera akan segera melaksanakan rekrutmen dan seleksi calon petugas haji PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/2023. Hal tersebut berdasarkan surat Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI Nomir : 28052Dj/Dt.II .I.2/Hj.02/12/2022 tentang rekrutmen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444H/2023 M.

Demikian dikatakan Kakanwil Kemenag Sumut Drs H Abdul Amri Siregar MAg kepada wartawan didampingi Kabag TU, H Ahmad Qosbi Nasution MM, Kabid Haji, H Zulfan Efendi MSi, PJF Kepegawaian H Tarmuji MAP dan Kasubbag Humas HM Yunus MAP di aula Kanwil Kemenag Sumut, Jumat ( 6/1).

Seleksi CAT tahap pertama di Kanwil Kemenag dan Kemenag kab/ kota akan dilaksanakan pada 17 Januari 2023. Sementara seleksi CAT dan praktik tingkat wilayah Provinsi Sumatera Utara pada 24 Januari 2023.

Menurut penjelasan Kakanwil Kemenagsu, ada tiga tahapan seleksi yang harus dilalui setiap peserta yaitu seleksi administrasi, seleksi tertulis pola CAT dan wawancara.

Seluruh peserta sekeksi mendaftarkan diri pada website :https://haji.kemenag.go.id
Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengatakan bahwa calon petugas perempuan yang memiliki sertifikat pembimbing ibadah haji diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi sebagai pembimbing ibadah perempuan.

Terkait rekrutmem dan seleksi petugas haji tahun 1444 H/ 2023 M, Kakanwil menegaskan bahwa lulus tidaknya seseorang calon tergantung pada kemampuan seseorang dalam menjawab soal ujian.

Untuk itu, Kakanwil minta pada semua peserta yang akan mengikuti seleksi supaya mempersiapkan diri semaksimal kemampuan dan teliti serta cermat dalam menjawab soal ujian.
” Ikuti semua tahapan sekeksi dengan baik dan benar, insya Allah hasilnya akan baik” ujarnya.

Kakanwil juga mengingatkan para calon jemaah haji yang sudah mendaftar dan mendapat porsi, agar sabar menunggu sesuai daftar tunggu.” Kami tidak memiliki kewenangan untuk mempercepat seseorang berangkat haji, karena sudah ditentuka dalam siskohat ( sistem komputerisasi haji)” kata Amri.

Terkait kuota haji sumut tahun 1444 H/2023 M dan besaran ONH, Kakanwil mengatakan masih menunggu informasi dan petunjuk dari Pusat, namun ia memberi isarat bahwa kuota haji Sumut tahun ini kemungkinan besar akan kembali pada posisi normal.

“Mari sama-sama kita berdoa agar porsi haji Sumut kembali bisa diberangkatkan dalam kuota normal dan kalau bisa kuotanya semakin bertambah untuk mengurai daftar tunggu yang terus meningkat” kata Kakanwil. (sor)

Print Friendly