Psikolog dan Ahli Hukum UMA Kolaborasi dengan Polres Pelabuhan Belawan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

KANALMEDAN – Psikolog dan ahli hukum Universitas Medan Area (UMA) berkolaborasi dengan Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan progran pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertajuk “Sosialisasi Pencegahan dan Penangan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Serta Kelompok Rentan Bersama Ibu dan Anak”.

Tim PKM UMA Zaini Munawir S SH MHum kepada pers di Kampus UMA, Jumat (23/12/2022) mengatakan, kegiatan tersebut digelar pada 10 dan 16 November 2022 lalu di Mapolres Pelabuhan Belawan.

Kegiatan yang dihadiri seratusan warga sekitar Polres Pelabuhan Belawan itu diawali dengan pembukaan oleh pihak Kanit PPA Polres Pelabuham Belawan Ipda Rostati Sihombing S.PSi.

Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh narasumber Zaini Munawir S SH MHum tentang kesadaran hukum untuk menurunkan perilaku kejahatan ditinjau dari pola asuh warga di sekitar Polres Pelabuhan Belawan. Selanjutnya pemaparan materi disampaikan Dr Risydah Fadillah M.Psi Psikolog dan Sri Hardini SS MS dari tim PKM UMA.

Dalam pemaparannya, Kanit PPA Polres Pelabuham Belawan Ipda Rostati Sihombing S.PSi menekankan tentang adanya mekanisme pelaporan di Polres Pelabuhan Belawan dalam menangani kasus KDRT beserta ancaman hukumannya.

Lalu, Zaini Munawir S SH MHum melengkapinya dengan contoh dalam berkendaraan yang dilakukan oleh seorang ibu yang sedang hamil. Secara tidak langsung, kata dosen Fakultas Hukum UMA ini memberikan pengajaran kepada bayi yang dikandung sang ibu akan pentingnya kesadaran hukum berlalu lintas.

Sedangkan Psikolog Dr Risydah Fadhillah M.PSi menyoroti dari segi psikologis dan pentingnya peran ayah selain ibu dalam membentuk karakter kuat yang positif anak guna menurunkan perilaku kejahatan di masa remaja. Karena di masa remaja rentan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang berpotensi merusak karakter positif anak ke arah negatif.

Dalam sosialisasi itu juga diisi tanya jawab oleh narasumber kepada warga. Narasumber memberikan hadiah berupa botol minuman bagi warga yang bertanya. Pihak Polres Belawan juga memberikan bingkisan sembako kepada peserta sosialisasi. Ini sebagai bentuk perhatian Polres Pelabuhan kepada warga yang mengikuti sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasah terhadap perempuan dan anak. (Nas)

Print Friendly