UMSU Wisuda 2.357 Lulusan, Seorang Anak Gantikan Ayahnya yang Meninggal

KANALMEDAN – Prestasi dan kemajuan UMSU telah membawa nama baik Sumatera Utara di level PTN/PTS se-Indonesia dan nama baik Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiah.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Drs. Ahmad Dahlan Rais, MA, mengatakan UMSU harus kerja keras lagi agar tidak lengah menghadapi tantangan pendidikan semakin berat.

“Prestasi dan kemajuan yang diraih adalah buah dari tata kelola perguruan tinggi yang baik dan kolektif, tetapi tidak boleh lengah, harus kerja keras lagi,” kata Dahlan Rais pada hari pertama wisuda periode II 2022 di Selecta Convention Hall Jl Listrik Medan, Senin (12/22/2022).

Sebanyak 735 lulusan dari Magister, Fak.Kedokteran, Fak. Teknik dan Fisip dilantik oleh rektor pada hari pertama. Total yang diwisuda dengan dua hari ke depan sebanyak 2.357 lulusan.

Turut hadir Plt Kepala L2Dikti Sumut Prof. Dr. Ibnu Hajar, mitra perbankan, ibu Aisyiah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Badan Pembina Harian UMSU dan Dr. Bahdin Nur Tanjung,MM.

Selanjutnya, Dahlan Rais menyampaikan tantangan dunia pendidikan yang semakin berat diperlukan adanya pembukaan prodi ilmu murni. Ikhtiar ini perlu dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasos penelitian. Tren itu sudah lama dilakukan perguruan tinggi di negara maju. UMSU tidak bisa mengelak karena untuk menjawab
kemajuan teknologi yang tidak terlepas dari peran ilmu murni. Dia yakin lulusan UMSU memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan sosial dalam rangka memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta.

Sementara itu, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyampaikan selamat wisuda kepada para lulusan dan keberhasilan putra/i bapak dan ibu.

Prof Agussani memberikan kabar gembira pada momentum wisuda kali ini. UMSU telah meraih akreditasi institusi dari A menjadi Unggul. Dengan demikian UMSU termasuk 48 PTS kategori Unggul se-Indonesia dari 4.800 PTS yang ada.

Menurut Prof Agussani, UMSU juga meraih pengakuan di bidang prestasi mahasiswa dan meraih tiga medali emas di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas) Ke-35 di Malang dan ajang Abdidaya Ormawa Kemendikbud.

Prof Agussani mengatakan, UMSU telah mengharumkan nama baik Sumatera Utara di level nasional bersaing antar PTN/PTS.

Prof Agussani dan pimpinan perbankan BNI dan BRI yang hadir langsung memberikan piagam dan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi disaksikan wisudawan dan orangtua yang hadir. Penyerahan beasiswa disambut suka cita dan tepuk tangan wisudawan dan orangtua.

Menurut Prof Agussani, prestasi mahasiswa bagian ikhtiar dalam mencetak lulusan yang bermutu sejalan dengan pemenuhan infrastruktur fisik kampus yang saat ini sedang giat-giatnya.

Prof Agussani mengatakan, ke depan ijazah UMSU akan diakui di Malaysia menyusul satu lembaga pemerintah di negara jiran itu, MQA, telah memberikan pengakuan kepada UMSU.

Sementara itu untuk tingkat dunia, UMSU telah masuk perguruan tinggi rating dunia dengan bintang 4 QS dan akan diupayakan memperoleh bintang 5.

Akhir sambutannya, Prof Agussani mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaannya, sedangkan raihan prestasi dan kemajuan UMSU menjadi semangat bagi lulusan untuk mengabdi di tengah masyarakat.

Plt Kepala L2Dikti Sumut Prof. Dr. Ibnu Hajar turut mengaku bangga dengan capaian dan kemajuan UMSU yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumut menorehkan nama baik di kancah persaingan mahasiswa tingkat PTN/PTS se-Indonesia.

“Saya bangga begitu juga masyarakat, semoga ini menjadi motivasi bagi lulusan yang diwisuda hari ini dan masa akan datang,” katanya.

Dia yakin lulusan UMSU mampu bersaing di pasar kerja yang meskipun tantangannya tidak ringan. Dia setuju lulusan perlu bekal kecerdasan intelektual, emosional dan sosial. Dan itu telah diberikan di UMSU.

Lompatan raksasa yang dilakukan UMSU dalam mengelola pendidikan, lanjutanya, memang harus dijawab dengan bersiap untuk kerja keras lagi oleh rektor dan sivitas akademika.

Di sela kegembiraan mengikuti rangkaian acara wisuda mendadak haru di beberapa momen, yaitu Rektor Prof. Agussani didampingi Direktur Pascasarjana UMSU Prof Dr Triono Eddy mewisuda seorang anak didampingi ibunya sebagai pengganti ayahnya Chandra Priono Naibaho wisudawan dari Magister Ilmu Hukum yang tidak meninggal dunia beberapa hari sebelum wisuda.

Di situ Prof Agussani sempat meneteskan air mata saat memindahkan jumbai topi toga pada anak itu.

Kemudian, sebelum menutup rangkaian upacara wisuda, Prof Agussani mengumumkan dan menyampaikan rasa suka citanya kepada dua vokal Band UMSU yang terbaik, Auji Nabila dan Annisa Maulita ikut diwisuda dan harus berpisah dari band dan temannya. Namun Prof Agussani menyampaikan keduanya masih bisa berkecimpung di band, meski sudah selesai S1.

Ucapan itu disambut haru dan tepuk tangan wisudawan lain karena Auji yang juga lulusan terbaik dari Prodi Ilmu Komunikasi Fisip sempat melantunkan lagu di acara wisuda dan suaranya khas membahana.

Diketahui, Surya Suara telah banyak mengukir prestasi dan mengangkat nama UMSU di level nasional dan internasional karena memiliki kualitas vokal yang baik dari para mahasiswa. (Nas)

Print Friendly