Kanwil Kemenagsu dan Komisi VIII DPR RI Gelar Jamarah

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Husni, sapa masyarakat melalui kegiatan Jamarah (Jagong Masalah Haji dan Umrah), di Hotel Prime Kualanamu Deli Serdang, Rabu (2/11).

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan, bahwa kegiatan jamarah merupakan sinergitas antara Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII DPR RI dalam rangka memberikan informasi, pengetahuan, dan pemahaman terkini terkait masalah haji dan umrah.

“Acara jagong masalah haji dan umrah yang melibatkan masyarakat dengan tujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan kemampuan masalah haji dan umrah terutama kepada jemaah, calon jemaah, PPIU, KBIHU terkait penyelenggaraan haji dan umrah dan informasi terkini tentang haji”, kata Amri.

Ia juga mengatakan bahwa memberikan informasi secara detil dan terperinci kepada masyarakat sangat diperlukan. Hal ini sesuai Pasal 2 UU No.8 Tahun 2019 disebutkan salah satu asas penyelenggaraan haji dan umrah adalah transparansi. “Maka diperlukan informasi yang rinci kepada masyarakat terkait hal tersebut dan mempermudah masyarakat yang akan mendaftar sampai berangkat melaksanakan haji dan umrah,” katanya.

Amri juga mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan sinergitas antara pemerintah, legislatif, dan masyarakat.

“Kita ingin seluruh elemen punya satu persepsi dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Dengan membangun sinergitas, diharapkan penyelenggaraan berjalan aman, lancar dan tertib,” ujarnya. (sor)

Print Friendly