Matakin Kota Medan Gelar Dialog dan Sosialisai Membangun Kerukunan

KANALMEDAN-Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia ( Matakin) kota Medan gelar dialog dan sosialisasi Agama Khonghucu dengan tema membangun kerukunan dengan sikap toleransi, Minggu (25/9).

Menurut keterangan Ketua Matakin Kota Medan Js. Alwin, acara dialog dan sosialisasi diikuti dan dihadiri peserta terdiri dari Umat agama Khonghucu kota Medan sebanyak 90 orang .

Tujuan dilaksanakannya dialog antara lain adalah untuk membina umat Khonghucu kota Medan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang agama Khonghucu dan betapa pentingnya membangun, menjaga dan merawat kerukunan.

Melalui dialog dan sosialisasi diharapkan para umat Khonghucu kota Medan dapat menjadi garda dalam upaya membangun dan merawat kerukunan dengan sikap toleransi dan menjaga kerukunan dilingkungan masing-masing. Ketua Matakin Kota Medan Js. Alwin berharap kerukunan dari umat Khonghucu bisa terwujud melalui kegiatan ini.

Lebih lanjut Js. Alwin mengatakan, bahwa dialog kerukunan pada umat khonghucu Kota Medan baru pertama kali dilaksanakan.” Kedepanya akan kita upayakan untuk melaksanakan lebih banyak dialog dan sosialisasi dengan menghadirkan umat Khonghucu, Generasi milenial, Pemuda Pemudi agama Khonghucu, serta berencana akan mendidik Generasi Muda dengan pendidikan Budi Pekerti dan Moralitas supaya bisa menghasilkan generasi muda yang baik dan berpotensi dan berguna bagi Nusa dan Bangsa.

Js. Alwin berharap pada peserta agar bisa memahami materi yang disampaikan oleh narasumber terkait kerukunan supaya dapat menambah ilmu dan memperluas wawasan para peserta dan kemudian diimplementasikan di lingkungan masing-masing.

Kegiatan dialog tersebut mendapat apresiasi berkat dari program pemerintah yang mengadakan sosialisai dan dialog tentang moderasi beragama. Akan kita adakan juga Sosialisai dan dialog tentang moderasi beragama kepada semua umat Khonghucu secara bertahap supaya bisa tercipta kerukunan dan keharmonisan di Kota Medan.

” Kami mengucapkan terimaksih pada panitia karena telah diikutkan menjadi peserta pada acara dialog dan sosialisasi. Acara ini membuka wawasan bagi Umat Khonghucu tentang bertapa pentingnya menjaga kerukunan. ‘Damai itu Indah’ kata salah seorang peserta.

Tampil sebagai narasumber pada dialog tersebut yaitu Zl Muslim Linggouw ( Ketua Matakin Sumut ) dan Js. Suwardi ( Penasehat Matakin Kota Medan ) yang ikut berpartisi dalam acara ini.(sor)

Print Friendly