Ribuan Siswa RA Deli Serdang Manasik Haji di Ahmed

Kakan Kemenag Deli Serdang Drs H Abdul Haris Harahap MAP didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Deli Serdang M Qodri Syah Hasibuan MAg dan Ketua Ikatan Guru Raudatul Atfhal (IGRA) Deli Serdang, Alwa Syah Putra SAg saat membuka manasik haji RA se Kabupaten Dwei Serdang.

KANALMEDAN – Ribuan siswa Raudatul Atfhal (RA) se Kabupaten Deli Serdang melaksanakan manasik haji di Asrama Haji Medan (Ahmed), Selasa ( 20/9/2022).

Manasik haji akbar tersebut dihadiri Kakan Kemenag Deli Serdang Drs H Abdul Haris Harahap MAP didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Deli Serdang M Qodri Syah Hasibuan MAg dan Ketua Ikatan Guru Raudatul Atfhal (IGRA) Deli Serdang, Alwa Syah Putra SAg.

Kakan Kemenag Deli Serdang Drs. H. Abd Haris Harahap MAP mengatakan, manasik haji bagi siswa anak usia dini sangat penting dan ini adalah salah satu implementasi kurikulum merdeka belajar. Artinya, kata Haris, siswa tidak hanya mengetahui ibadah haji secara teori akan tetapi juga praktek langsung serta dengan nuansa wisata.

Haris juga mengatakan dalam manasik haji siswa RA tahun ini, juga mengikutsertakan masing-masing orangtua siswa. Tujuannya agar siswa merasa nyaman bersama orangtuanya dan para orangtua juga mengetahui tentang ritual manasik haji secara langsung.

“Kita berharap, manasik haji berjalan lancar dan sukses serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang perhajian baik pada anak maupun orangtua yang mendampingi anaknya,” kata Haris.

Sementara itu, Ketua IGRA Kabupaten Deli Serdang, Alwan Syah Putra Harahap SAg, mengatakan, manasik haji diikuti ribuan siswa RA se Kabupaten Deli Serdang. Tujuannya untuk mengedukasi siswa dengan praktek langsung dan menanamkan nilai-nilai tauhid dan aqidah pada anak sejak usia dini.

Alwan juga mengatakan, untuk menghindari penumpukan, acara seremoni ditiadakan dan peserta yang sudah selesai melaksanakan manasik langsung meninggalkan lokasi dengan tertib. (sor)

Print Friendly