Gelar Rakerwil di Medan, LPA Sumut Dorong Pemerintah Ujudkan Desa Ramah Anak dan Perempuan

MEDAN (KanalMedan.Com) – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendorong seluruh Pemerintahan Kabupaten dan Kota di Sumut, mewujudkan desa ramah anak dan perempuan.

RAKERWIL :Muniruddin Ritonga saat menyampaikan sambutan pada Rakerwil Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut.

Demikian Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga S.H,.M.Hum, ketika membuka Rakerwil LPA Sumut di Medan,Sabtu (19/03/2022).

Rakerwil yang berlangsung dua hari tersebut, kata Muniruddin, menjadi momentum bagi pengurus LPA Sumut dan jajaran dibawahnya, untuk bersinergi membangun misi mewujudkan desa ramah anak dan perempuan di Sumut

Dalam Rakerwil, LPA akan merumuskan kebijakan-kebijakan taktis guna mewujudkan sinergi dengan pihak-pihak terkait.Terutama dengan Pemkab/Kota, guna mwujudkan desa-desa di Sumut menjadi desa ramah anak dan perempuan.

Guna memboboti jalannnya Rakerwil, diadakan seminar nasional Perlindungan Anak. Seminar tersebut menghadirkan mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap dan Saipul Azhari Siagian M.Si dari Kementerian Desa (Kemendes), sebagai narasumber.

Kehadiran Ketum LPA, Mantan Wali Kota, pejabat Kemendes ini menjadi pemicu semangat baru dan berbuat secara totalitas.

“Kami yakin apa yang dilakukan di tingkatan wilayah daerah, Kecamatan dan Desa dapat mengambil bagian untuk benar-benar total mewujudkannya”, katanya.

Rakerwil juga dihadiri langsung Ketua umum (Ketum) Komisaris Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) Arist Merdeka Sirait dan sejumlah pengurus Komnas PA.

Dalam sambutannya, Ketua LPA Sumut Muniruddin Ritonga S.H,.M.Hum menyebutkan, LPA adalah lembaga bersifat khusus (lex specialis). Karenanya, harus mempunyai keterampilan khusus serta dikelola dengan profesional.

“Organisasi ini harus meningkatkan perannya, sehingga kehadiran dirasakan ditengah masyarakat  di Kabupaten dan Kota “, katanya.

Disebutkan, tahun 2022 LPA Sumut akan membenahi struktur maupun inprastruktur organisasi, termasuk soal kantor dan lainnya di Kabupaten dan Kota.

“Kami pastikan, Tahun 2022 ini soal anggota setiap masing-masing Kabupaten/Kota kami bereskan bersama,” ujar Muniruddin.

Rakerwil LPA Sumut kali ini, di hadiri 24 anggota pengurus LPA Kabupaten dan Kota di Sumut. Sekaligus juga turut berkontribusi atas terselenggaranya Rakelwil se-Sumut.

“Alhamdulillah di Hotel ini dapat dilakukan Rakerwil, agar semua jajaran LPA di Sumut dapat menyamakan tekad dan komitmen totalitas untuk menjalan tugas dan fungsinya masing-masing”, katanya.(Red)

Print Friendly