Persiapan Haji Tahun 2022, Kakanwil Kemenagsu Periksa Sanitasi Asrama Haji

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Drs. H. Muslim, MM bersama seluruh Subkoordinator Bidang PHU ikut serta mendampingi dan mengawasi kegiatan pemeriksaan tahap awal sanitasi Asrama Haji Medan (Ahmed) dan Katering Pesawat sebagai bagian dari persiapan penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1443 H/2022, Kamis (27/01) di Asrama Haji Medan.

Kabid PHU dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemeriksaan pendahuluan terhadap sanitasi Asrama Haji dan katering pesawat tahap I. Pemeriksaan tahap awal sanitasi dilakukan bersama KKP Kelas I Medan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) dan Kepala UPT Asrama Haji Medan H Ramlan Sudarto SH.

“ Kita harus menyiapkan dan memastikan kelayakan sanitasi Asrama Haji, serta seluruh sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan ibadah haji yang ada di UPT Asrama Haji,” kata Kabid PHU.

Beberapa fasilitas yang dinilai sanitasinya seperti penyediaan dan kualitas air, kamar dan juga dapur umum, ruang makan serta aula penerimaan dan pemberangkatan.
Pemeriksaan sanitasi ini, kata Muslim merupakan tahap awal pemeriksaan sebagai bagian dari standar yang wajib dipenuhi dalam penyelenggaraan haji, sebelum ditempati calon Jemaah haji. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan Asrama Haji agar memenuhi standar kelayakan.

“Saya atas nama Ka. Kanwil Kemenag Prov. Sumatera Utara, mengajak kita semua untuk sama-sama berdoa semoga tahun ini pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana”, kata Muslim.

Sementara itu, Kepala UPT Asrama Haji Medan, H Ramlan Sudarto SH menyambut baik dan dampingi tim pemeriksa sanitasi asrama haji tahap pertama.

Menurut Ramlan, setelah pemeriksaan pertama akan ada lagi pemeriksaan tahap berikutnya.
Ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan sarana yang ada di Asrama Haji sebelum cahaj memasuki asrama.

” Kita akan terus bersaha dan berupaya untuk memberikan pelayanan prima pada setiap pengguna pasiliatas yang ada di Asrama Haji”, kata Ramlan seraya berharap kiranya pelaksaanaan haji pada tahun ini bisa terlaksana dengan baik dan nyaman dan wabah covid segera berakhir. (sor)

Print Friendly