Syaiful Syafri: KSJ Siap Membantu Gubsu Tangani Bencana Alam

KANALMEDAN – Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) siap membantu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menangani bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi, seperti tanah longsor, banjir bandang dan banjir yang menggenangi rumah penduduk di beberapa kabupaten dan kota di Sumut.

“Dua tahun terakhir ini KSJ telah berupaya membantu masyarakat dengan membuka dapur umum dan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat korban musibah banjir seperti di Kabupaten Batu Bara, Serdang Bedagai, Langkat dan Tebing Tinggi,” kata Drs Syaiful Syafri MM selaku dewan pakar KSJ yang hadir mewakili Ketua Dewan Pembina dan Pendiri KSJ AKBP Ikhwan Lubis, SH MH, saat pelaksanaan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Umum KSJ Saharudin dengan Gubsu diwakili Pj Sekda Provsu Afifi Lubis, di ruang rapat Sekda Lantai 9 Kantor Gunsu, Jalan Pangeran Diponegoro, Senin (6/12/2021).

Syaiful Syafri yang didampingi Ketua Umum KSJ Saharuddin menjelaskan, saat ini telah terbentuk kepengurusan KSJ dan Kartini KSJ di 25 kabupaten/kota di Sumut, disamping pengurus tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan yang siap membantu Gubsu dalam menangani bencana alam.

Untuk daerah rawan bencana, kata Syaiful Syafri, telah dibentuk Tim Mitigasi KSJ dari unsur Pekerja Sosial, sedangkan untuk tanggap darurat dan pascabencana di lakukan oleh Kartini KSJ serta relawan pelajar dan mahasiswa KSJ seperti membuka dapur umum dan penyaluran bantuan ke masyarakat korban bencana alam.

“Namun harus dimaklumi bahwa kegiatan kegiatan KSJ dalam tanggap darurat dan pascabencana alam, khususnya korban banjir dalam dua tahun ini, banyak didukung oleh anggota Polri dan TNI, karena Tim KSJ belum pernah mengikuti diklat kebencanaan. Sedangkan untuk rehabilitasi dan bantuan pembangunan rumah masyarakat korbang puting beliung dan kebakaran, menggunakan tukang,” kata mantan Kadis Sosial Sumut ini.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Kwarda Pramuka Sumut Nurdin Lubis SH, Drs Radjab, Ketua BKPRMI Sumut Zulchairi Pahlawan, dan utusan Politeknik Negeri Medan dan Universitas Dharmawangsa. Juga hadir Kepala Biro Otda Pemprovsu Ir Zubaidi dan Kepala BPBD Sumut Ir Abdul Haris. (Nas)

Print Friendly