Ketua Forum CSR Kesos Sumut Arman Chandra Kunjungi Lansia Produktif

Ketua Forum CSR Kesos Sumut Arman Chandra saat mengunjungi kedai lansia M Nasir.

KANALMEDAN – Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Propinsi Sumatera Utara (Sumut) Arman Chandra SE mengunjungi pria lanjut usia (lansia) produktif M Natsir (71) dan istri, Wagini (63), di Jalan Air Bersih ujung Medan, Sabtu (5/6/2021).

Kunjungan mendadak ini dilakukan Arman Chandra usai memimpin bakti sosial menanam pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup. Arman yang juga Ketua Kadin Medan dan Direktur Utama PT Sentosa Peladtik meninajau.unit usaha kedai kopi Lansia yang dikelola Nasir sejak 15 tahun lalu. Nasir bersama istri dan 3 putri serta 11 cucu menggantungkan hidup dari kedai ini.

Didampingi Sekretaris Forum CSR Kesos Sumut Merry Sulistiani Sitanggang SE, MSI, Biro Penangangan Kemiskinan Julpan Siregar dan Dewan Pengawas Drs Syaiful Syafri MM, Arman Chandra tampak bergembira melihat sosok tua berguna dan bisa berdiskusi dengan lansia produktif itu dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang telah berlangsung 29 Mai 2021 lalu.

Menurut Arman Chandra, kelompok lanjut usia memiliki risiko tinggi terkena penyakit. Sebab di usia rawan ini para lansia bisa saja memiliki beragam penyakit seperti hipertensi, diabetes, paru-paru hingga penyakit jantung.

“Di masa pandemi Covid-19 ini para lansia lebih rawan tertular Covid-19. Karena itu, namun protokol kesehatan hingga tindakan kuratif pada lansia sangat diperlukan. Ini perlu kepedulian dari pemerintah, pengusaha dan komponen masyarakat agar pelayanan agar kehidupan lansia lebih baik lagi,” kata Arman.

Salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan para lansia dan keluarga, kata Arman, adalah dengan memberikan dukungan kepada lansia untuk menjaga hidup sehat.

“Diperlukan dukungan berupa pengembangan usaha kreatif, kecukupan asupan makanan, menjaga kebersihan, menciptakan kondisi lingkungan yang menyenangkan bagi lansia,” kata Arman.

Lingkungan yang saling menyayangi, tambahnya, sangat penting selain mengajak lansia untuk kontrol kesehatan rutin. “,Selalu bergembira namun tetap berkarya dengan membiasakan membaca atau menulis,” ungkapnya. (Nas)

Print Friendly