UPZ Kanwil Kemenagsu Salurkan Zakat Profesi ASN

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumateta Utara ( kakanwil Kemenagsu), Drs H Syahrul Wirda MM salurkan Zakat Profesi ASN Kanwil Kemenag Sumut pada Mustahik melalaui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Rabu (28/4) di Aula Kanwil Kemenag Sumut.

Kepala UPZ Kanwil Kemenag Sumut yang juga Kabid Penais Hazawa H Abdul Azhim MA mengatakan tahun ini zakat profesi dari ASN terkumpul sebanyak Rp167 juta dan akan disalurkan kepada 344 mustahik dalam bentuk uang tunai.

Azhim mengungkapkan secara simbolik penyerahan zakat profesi ini akan diserahkan sebanyak 40 mustahik dan selebihnya nanti akan kita serahkan ke Baznas Sumut untuk disalurkan ke mustahik lainnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sumut Drs H Amansyah Nasution dalam sambutannya mengatakan bahwa penyaluran zakat profesi sudah dilakukan setiap tahunnya di Kanwil Kemenag Sumut.

”Kami mengucapkan terimakasih atas penyaluran zakat profesi ini karena sangat membantu untuk para mustahik,” kata Amansyah.

Kakanwil Kemenag Sumut Drs H Syahrul Wirda MM menegaskan Kemenag dan Baznas bisa bersinergi untuk pengumpulan zakat sehingga tidak hanya zakat profesi saja yang dikumpulkan tapi lebih dari itu seperti zakat dari Aghnia ( orang kaya) .

”Zakat dari pengusaha, pedagang, penjual emas ini bisa kita kumpulkan melalui sinergitas antara Kemenag dan Baznas. Bahkan penyalurannya bisa kita koordinir agar tersalur dengan tepat yakni memang orang yang membutuhkan,” kata Syahrul.

Syahrul juga mengungkapkan Baznas juga bisa membantu dalam bentuk modal usaha untuk para pedagang kecil, UMKM sehingga membantu mereka untuk menambah usahanya apalagi bantuan dari Baznas ini tidak ada bunganya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I Baznas Sumut Harif Fadillah, Kabid Penmad H Erwin P Dasopang MSi, dan KTU Dr HM David MM, kasubbag humas, HM Yunus MAP. (Sor)

Print Friendly