Kemenagsu Siapkan Program Pengembangan Tilawatil Quran


KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM didampingi Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenagsu H. Abdul Azhim, S.Pd.I, MA ikut rapat kerja tetbatas LPTQ Sumut, Selasa (10/1).

Kakanwil mengatakan    akan  terus mendorong upaya pengembangan tilawatil Al-Qur’an sampai ke desa. “Saya akan instruksikan  Kakankemenag Kab/Kota untuk menerapkan pengembangan Al-Qur’an di daerah masing-masing” kata Syahrul.

Kakanwil Kemenagsu juga mengatakan bahwa pengembangan Al-Qur’an bukan hanya mempersiapkan pada qori/qoriah, menyiapkan pelatih, dan menyiapkan event-event saja. Urgensi yang paling utama menurut Kakanwil Kemenagsu adalah bagaimana warga muslim di Sumatera Utara seluruhnya bisa membaca Al-Qur’an dan dapat memahaminya.

“Kita sedih saat mengetahui ada masyarakat kita yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Kedepannya, kita berharap dengan dukungan dari pemerintah provinsi dan daerah agar mewajibkan para calon pengantin untuk membaca Al-Quran sebelum melaksanakan pernikahan. Kita akan instruksikan para penyuluh untuk terus menerus menyampaikan pentingnya Al-Qur’an dan akan mengajarkannya kepada warga di tempat masing-masing,” tegas kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu berharap Rapat Kerja Terbatas yang  diikuti para Kakankemenag Kab/kota dapat melahirkan  program-program dan terobosan luar biasa.

Rapat Kerja Terbatas LPTQ Provinsi Sumatera Utara juga dihadiri Ketua LPTQ Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution, Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, dan Bupati Batubara Ir. Zahir. (sor)

Print Friendly