Fraksi Gerindra DPRD Medan Sebut Pelayanan Pasien Covid-19 Masih Belum Layak


KANALMEDAN – Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan menilai pelayanan kesehatan di Kota Medan masih menjadi skala prioritas untuk dilakukan peningkatan.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Paripurna agenda Pemandangan Umum Fraksi Gerindra tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2021, Selasa (3/11/2020).

“Selanjutnya, skala prioritas Pemko Medan yakni meningkatkan pelayanan kesehatan. Fraksi Gerindra berpandangan bahwa banyak problem dalam bidang kesehatan di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan,” ujar anggota DPRD Medan Edy Eka Suranta S Meliala saat membacakan pemandangan umum Fraksi Gerindra.

Fraksi Gerindra menyoroti permasalahan fasilitas kesehatan bagi pasien Covid-19 yang masih belum layak dan cenderung memberatkan pasien.

“Contohnya permasalahan pasien covid-19, fasilitas kesehatan yang belum layak, masih adanya prosedur yang memberatkan pasien, masih adanya permasalahan penanganan pasien penyakit menular dan lain sebagainya,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan Edy, pelayanan kesehatan di Kota Medan perlu meningkatkan keterbukaan informasi terkait informasi data ketersediaan kamar di beberapa fasilitas kesehatan.

Menurut Fraksi Gerindra, aplikasi yang menyediakan informasi ketersediaan kamar dari BPJS Kesehatan yakni aplikasi Aplicare belum efektif.

“Permasalahan pelayanan publik di rumah sakit khususnya di Kota Medan yang perlu mendapatkan perhatian yaitu tentang keterbukaan informasi data kamar melalui aplikasi Aplicare dari BPJS Kesehatan yang belum efektif serta transparansi tarif pasien BPJS-Kesehatan juga perlu ditingkatkan oleh Pemko Medan,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Edy toilet di beberapa rumah sakit di Medan juga belum memadai untuk sarana pelayanan medis dan mencegah penularan penyakit.

“Toilet di rumah sakit juga masih banyak yang belum sesuai dan tidak ramah disabilitas, pelayanan rumah sakit yang belum efektif sehingga mengakibatkan antrean panjang, pelayanan kepada pasien penyakit menular, unit pengelolaan pengaduan yang belum efektif,” tuturnya.

Fraksi Gerindra juga mempertanyakan mengenai pola kedisiplinan dokter dalam bertugas di Rumah Sakit.

“Dan tentang kedisiplinan dokter yang bertugas di rumah sakit. apakah permasalahan ini sudah ada solusi dan program dari pemerintah kota medan? mohon penjelasan saudara Pjs Walikota,” ujarnya. (Jen)

Print Friendly