Penghulu Garda Terdepan Pembinaan Catin


KANALMEDAN – Penghulu merupakan orang pertama yang mampu memasukkan nilai-nilai keagamaan Islam pada calon pengantin (Catin). Oleh sebab itu perlu peningkatan kompetensi penghulu. “saya berharap kepada saudara sekalian, bahwa saudara adalah garda terdepan yang dapat memasukkan nilai-nilai keagamaan kepada para catin,” kata Kakanwil Kemenagsu, Drs H Syahrul Wirda MM,  pada acara uji kompetensi penghulu,  Jumat (23/10).

Menurut Kakanwil,  uji kompetensi bertujuan untuk terwujudnya penghulu profesional,  komprehensif, dan hebat keilmuannya terutama seputar munakahat dan keilmuan yang berhubungan tentang rumah tangga.

“ Saya yakin bahwa semua peserta telah mempersiapkan dirinya  mengingat aktivitas  keseharian dari para peserta adalah penghulu. Pengalaman dan pengetahuan pasti sudah banyak, dan menjadi ilmu yang tertanam sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik,” ujar Kakanwil yang juga ikut sebagai penguji.

Senentara itu, Kasi Kepenghuluan H Arifin MA mengatakan peserta berasal dari  kemenag kab/kota se Sumut dan berlangsung satu hari. (Sor)

Print Friendly