UISU Sukses Gelar PKKMB Daring 2020/2021

Christy Ayu Fadillah, mahasiswa baru Prodi Teknologi Hasil Pertanian UISU

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) sukses menggelar pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring dan luring Senin (5/10). Secara luring, pelaksanaan seremonial PKKMB berlangsung di Auditorium Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan yang dihadiri pimpinan Universitas, Lembaga dan Fakultas serta 45 orang perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing fakultas.

Dalam sambutannya, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP mengingatkan kepada seluruh jajaran civitas akademika untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa. Hal itu disampaikan Rekto UISU karena pihaknya melihat pemberian pelayanan kepada mahasiswa hingga kini masih belum maksimal. Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh pimpinan, dosen dan tenaga kepegawaian untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga keyakinan dan kepercayaan terhadap UISU meningkat.

Terkait pelaksanaan PKKMB, Rektor berharap agar mahasiswa  baru dapat memaksimalkan kegiatan itu untuk menggali informasi-informasi tentang kehidupan kampus yang tidak sama dengan kehidupan akademik saat di sekolah.  Kegiatan PKKMB UISU Tahun Akademik 2020/2021 kali ini dilaksanakan secara daring dan luring dan berlangsung selama 3 hari. Hari pertama dilaksanakan pembukaan PKKMB di Pusat Auditorium dan selanjutnya pelaksanaan PKKMB akan dikelola fakultas masing-masing.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan AlHajj. Sedangkan Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution drg hadir sekaligus menyampaikan sambutan secara daring. Selain itu, ikut memberikan sambutan seccara daring Kepala LLDikti Wilayah I Prof. Dian Armanto dan Sekretaris Kopertasi Dr. Anshar Yamamah, MA.

Masih menurut Rektor UISU, kegiatan PKKMB ini penting dilakukan untuk menguatkan ikatan persaudaraan dan ikatan silaturrahmi. “Karena apapun levelnya dan apapun bentuknya, sesungguhnya kita merupakan bentuk civitas akademika UISU” tutur Dr. H Yanhar Jamaluddin MAP.

Sementara itu, Ketua OC PKKMB UISU, Ahmad Bakhori, ST. MT menjelaskan kegiatan PKKMB di Auditorium yang juga dihadiri beberapa perwakilan mahasiswa baru tetap mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah, seperti mengenakan masker, pengecekan suhu, jaga jarak dan senantiasa menggunakan handsanitizer.

Pada saat yang sama Rektor UISU secara simbolis menyematkan tanda peserta PKKMB kepada perwakilan mahasiswa sekaligus serah terima mahasiswa baru kepada masing-masing pimpinan fakultas. Acara yang berlangsung selama 1 (satu) hari pernuh itu diisi dengan penyampaian materi tentang wawasan kebangsaan, keislamn, sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan kode etik mahasiswa.

“Alhamdulillah, 90 persen mahasiswa baru ikut serta dalam pelaksanaan PKKMB secara daring dari berbagai tempat. Ini menjadi tolak ukur dalam pelaksanaan kuliah secara daring nantinya,”ujar Bakhori yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa Akademik dan Kewirausahaan UISU.

Sementara itu, meski di tengah situasi pandemi tak mengurangi rasa semangat mahasiswa baru mengikuti PKKMB baik secara tatap muka ataupun virtual dengan aplikasi zoom, raut wajah itu terlihat ketika mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UISU, dan Hymne UISU dengan penuh semangat.

Christy Ayu Fadillah, salah seorang mahasiswa baru Prodi Teknologi Hasil Pertanian mengungkapkan mimpinya untuk menjadi peneliti dan kini bergabung di fakultas Pertanian. “Saya masuk UISU ingin jadi peneliti. Saya suka hal-hal yang berbau pertanian. Saya suka dengan eksperimen seperti membuat pupuk hidroponik. Ayah saya juga merupakan salah seorang peneliti di PPKS Medan. Saya ingin mengikuti jejak ayah untuk jadi peneliti,”ucap remaja kelahiran 27 Sepetember 2001.

Alumni SMAN 2 Medan ini yakin dapat mencapai cita-citanya untuk menjadi peneliti ahli pangan dengan melanjutkan pendidikan tinggi di UISU. “Saya hobbi voli. Dulu pas SMA pernah ikut pertandingan lawan pelajar dari sekolah yang ada di Malaysia. Kita menang dulu,”ujar Christy yang berharap mampu menjadi manusia yang lebih baik dan berguna bagi sekelilingnya. (Nas)

Print Friendly