Dr Parapat Gultom: Buku “AKBP Ikhwan Lubis Kapolres Pejuang Duafa” Bercerita Inovasi Ketahanan Sosial


KANALMEDAN – Buku berjudul “AKBP Ikhwan Lubis, Kapolres Pejuang Duafa” menceritrakan sosok anggota Polri sebagai seorang yang Power and Heard. Artinya, AKBP Ikhwan Lubis sebagai seorang Kapolres dalam bertugas melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya sesuai Undang Undang No. 2 Tahun 2002, juga berinovasi lewat Rumah Singgah Sahabat Polisi dan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ). Dan ini telah mampu membuat ketahanan sosial dan menurunkan angka kriminalitas.

Hal tersebut disampaikan Dr. Parapat Gultom, ahli manajemen operasional dan Dosen Pascasarjana USU pada peluncuran dan Bedah Buku “AKBP Ikhwan Lubis, Kapolres Pejuang Duafa” karya Drs. Syaiful Syafri, MM, Rabu (26/08) di Aula Mapolres Batu Bara Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala BNN Batu Bara AKBP Zainuddin, Bupat Batu Bara diwakili Sekda Sakti Alam Siregar, Kadis Perpustakaan dan Arsip Riyadi S.Pd, M.Pd, Bhayangkari, Karang Taruna, Pengurus KSJ dari 12 Kabupaten dan Kota, para Pejabat Utama Polres Batu Bara, dan Anggota DPRD Batu Bara.

Lebih lanjut dijelaskan Dr. Parapat Gultom, bahwa isi buku tidak sebatas bagaimana sosok Polri setiap hari Jumat bersedekah dengan mengunjungi kaum duafa dan anak, tetapi menjelaskan bahwa AKBP Ikhwan Lubis dalam bekerja mengenal teritorial, menerapkan sinergitas sebagai kekuatan, tangkas dalam memerangi pandemi Covid-19, mendukung pemerintah daerah, menerapkan manajemen waktu yang baik, punya perhatian kepada keluarga besar polri, penggerak ketahanan sosial, dan membangun investasi sosial.

Sementara itu Syaiful Syafri selaku penulis menjelaskan bahwa ide penulisan buku ini dari Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dan memberi waktu 2 minggu untuk lockdown karena kesehatan.

Waktu yang luang itu diadikan untuk mengumpulkan bahan dari berbagai media dan konsultasi kepada Kabag Ops Kompol Rudi serta Kasat Intel Ferri serta pengumpulan data kepada Kompol Sri Pinem.

Kata Syaiful, di antara dokumen yang terhimpun itu, terkuak bahwa sosok AKBP Ikhwan Lubis saat menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan sevata rutin setiap jumat bersedekah ke kaum duafa, dan anak yatim. Ikhwan juga mendirikan Rumah Singgah Sahabat Polisi.

“Melihat hal itu, tokoh masyarakat Medan Utara Saharudin bersama 300 relawan sosial mendirikan KSJ pada 16 Agustus 2019 guna mendukung kegiatan sosial yang dilakukan AKBP Ikhwan Lubis,” kata Syaiful yang juga mantan Kadis Sosial Sumut.

Acara peluncuran buku diawali pemberian sedekah kepada kaum duafa dan anak yatim.

Turut memberi kata sambutan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP diwakili Sekda Sakti Alam Siregar SH, Ketua Umum KSJ Saharuddin dan Kompol Rudi selaku penyelenggara.

Tampak hadir dalam peluncuran buku itu Wakil Rektor I Universitas Asahan Prof. Dr. Tri Harsono, Rektor STIE Nusa Bangsa Andi Syahputra SE, MM, Dr. Aswan Jaya Dosen Pascasarjana Universitas Dharma Agung, Dr. Moh. Yusri dan M. Arifin S.Pd M.Pd dari UMSU, Prof. Dr. Efendi Napitupulu Guru Besar Unimed yang didampingi Dr. Ikhwan Azhari dan Dr. Henny Ikhwan Dosen Pascasarjana, dr. Henri Jimmi Gultom, dan wartawan dari berbagai media, para pengelola perpustakaan desa, Inalum dan Taman Bacaan Masyarakat. (Nas)

Print Friendly