Bantuan Sembako dari Gubsu Tiba, Bupati Zahir dan Kapolres Tinjau Gudang Pendistribusian

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dan Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH, MH didampingi Sekda Sakti Alam Siregar dan Kadis Sosial Ishak SPd menyaksikan pendistribusian 5.100 paket sembako di dua kecamatan.

KANALMEDAN – Bantuan paket sembako Jaring Pengamanan Sosial (JPS) Covid-19 dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tiba di Batu Bara, Selasa (19/5/2020). Bersamaan dengan itu, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP beserta Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH MH langsung meninjau gudang pendistribusian yang berlokasi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, di Perupuk.

Kehadiran Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP  bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH MH didampingi Sekda Sakti Alam Siregar SH, Kepala Dinas Sosial Ishak SPd,  Kadis Infokom Andri Rahadian dan untuk menyerahkan paket bantuan tersebut untuk disalurkan ke dua kecamatan. Yakni Kecamatan Sei Suka sebanyak 3.821 paket yang diterima camatnya Listen Sitorus dan Kecamatan Sei Balai sebanyak 1.383 paket diterima camat Hanafi.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP mengatakan, pendistribusian paket bantuan dari gubernur sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kami melakukanya dengan sedetail mungkin untuk menciptakan rasa aman dan semua merasa terbantu di dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,” kata Zahir.

Oleh sebab itu, kata Zahir, pemerintah juga meminta agar memakai bon kuitansi penerima paket sembako nantinya, dan ini dilakukan berkelanjutan kepada penerima bantuan di tahap selanjutnya.

Zahir yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Batu Bara menambahkan, pendataan yang efektif dilakukan langsung oleh Kepala Desa dan Kadus di setiap Kecamatan. “Kami Pemerintah Kabupaten akan memantau langsung setiap pengiriman dari Provinsi langsung ke masyarakat, agar tidak ada lagi manipulasi dalam pembagian bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak  Covid-19,” terang Bupati.

Sementara itu, Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH akan melakukan pantauan terhadap masyarakat yang menerima bantuan sembako. “Kami imbau masyarakat Kabupaten Batu Bara yang tidak terdata atau tidak mendapatkan sembako, jangan kecewa karena kami sudah mempersiapkan sembakonya,” kata Kapolres.

Ikhwan jug meminta kepala desanya agar mencatat warga yang tidak mendapat paket sembako, dan segera datang ke Polres Batu Bara untuk mengambil  paketnya. “Kami akan membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan atau tidak mendapatkan bantuan provinsi,” terangnya.

Selain itu, Polres Batu Bara juga  mengerahkan seluruh personelnya untuk terlibat langsung dalam pembagian sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19.   

“Kepada masyarakat, saya mengimbau lakukanlah penerimaan sembako dengan tertib, ikuti imbauan pemerintah tentang Physical Distancing, jaga jarak, memakai masker, dan jangan berdesakan, tunggu  waktu yang tepat baru ambil sembakonya,” tutur mantan Kapolres Belawan ini.

Kadis Sosial Batu Bara Ishak SPd menjelaskan, dari 60769 paket JPS bantuan Gubsu Edy Rahmayadi, yang baru sampai di Batu Bara sebanyak 5.100 paket dan langsung didistribusikan ke Kecamatan Sei Suka dan Sei Balai, Selasa (19/5/2020).  (Nas)

Print Friendly