Ketua DPRD Medan Minta Pemko Berikan Bantuan ke Masyarakat Terdampak Covid-19

KANALMEDAN – Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya dapat transparan memberikan bantuan kepada masyarakat, termasuk pekerja harian. Hal ini menyusul merebaknya virus corona di tengah-tengah masyarakat. 

“Presiden Republik Indonesia, Jokowi telah bergerak membantu masyarakat dan para pekerja harian yang terkena dampak dari virus corona atau Covid-19. Hal ini harus diikuti oleh Plt Walikota Medan untuk memberikan bantuan secara transparan kepada masyarakat,” ungkap Ketua DPRD Medan, Hasyim kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, pemberian bantuan tersebut tidak terlepas akibat kesulitan yang dirasakan masyarakat dalam bekerja di tengah maraknya penyebaran virus corona.

“Akibat virus Corona, masyarakat mulai kesulitan mencari rezekinya. Ancaman PHK juga membayangi masyaraat kita. Jadi, Plt Walikota harus jeli mendata dan membantu warganya,” imbuhnya. 

Ia berharap dalam sistem pendataan warga harus melibatkan para Camat, Lurah hingga Kepala Lingkungan (Kepling). Data yang diberikan harus valid.  

“Kita tidak ingin bantuan ini malah menimbulkan gejolak seperti penyaluran bantuan yang selama ini sudah dijalan yang seluruhnya tidak merata baik Bantuan Tunai Langsung (BLT) dan lainnya,” urainya.

Dia juga menyarankan, anggaran dari beberapa sektor untuk dilakukan pengurangan. Hal itu untuk membantu masyarakat.

“Kami DPRD Medan sangat mendukung bila Pemko Medan mengambil kebijakan untuk mengurangi beberapa pos anggaran untuk membantu masyarakat Kota Medan. Ini sesuai dengan maklumat dari pemerintah sendiri yang menyatakan agar pemberian bantuan bisa segera dilakukan termasuk dari APBD,” tukasnya. (Jen)

Print Friendly