Kakanwil Kemenagsu dan Subag Humas ‘Ngopi’ di Ciputat

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, H. Iwan Zulhami, SH, MAP didampingi Subag Humas Darwis Nasution dan Kepala Kanwil se Indonesia Ngopi (Ngobrol Pendidikan Islam) dengan Pegiat Media Sosial Pengawasan Bidang Pendidikan di Pusdiklat Kementerian Agama Ciputat, Selasa (10/2).

Kakanwil Kemenagsu mengatakan, di era digital ini hampir semua informasi tersebar luas di internet terutama di media sosial. Saking bebasnya, informasi yang masuk tanpa penyaringan yang baik sehingga hal-hal negatif pun tak bisa dibendung dan jadi konsumsi masyarakat.

Karena itu, kata Kakanwil, monitoring perlu untuk melihat sejauh mana peran Kementerian Agama dalam memaksimalkan penggunaan media sosial khususnya di bidang pendidikan dan bagaimana penyaringan informasi negatif agar tidak jadi momok buruk di masyarakat.

“Isu-isu sederhana bisa menjadi besar dan booming ketika media mengolah dan memframing isu tersebut baik secara positif maupun negatif,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenagsu berharap agar lebih bijak dalam bermedia sosial. Menurutnya, media sosial sebagai sarana komunikasi dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, dan hal-hal yang positif guna menjaga stabilitas keamanan negara, bukan malah sebaliknya.

Ngopi Bareng dengan Pegiat Media Sosial ini adalah salah satu upaya untuk memaksimalkan fungsi media sosial di lingkungan Kementerian Agama.

“Ini momentum untuk bersama-sama menguatkan peran media sosial khususnya pengawasan pendidikan,” katanya. (Sor)

Print Friendly