Rektor UISU Lepas KKN Mahasiswa FAI di Stabat

Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin, MAP memberikan sambutan saat melepas keberangkatan 55 mahasiswa FAI untuk pelaksanaan KKN di Kecamatan Stabat, Langkat.

KANALMEDAN – Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Dakwah Islmiyah, UISU melepas keberangkatan mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN), kemarin. Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP langsung melepas 55 mahasiswa FAI yang akan menggelar KKN di Kabupaten Langkat.

Pelepasan yang berlangsung di halaman Kampus UISU, itu, dihadiri Dekan Fakultas Agama Islam UISU, Dr. Mohammad Firman Maulana MA serta pimpinan Fakultas lainnya dan pimpinan Program Studi serta mahasiswa dari Program Studi Prodi Ahwalul Syakhsiyah dan Prodi Pendidikan Agama yang akan melaksanakakn KKN.

Dalam sambutannya, Rektor UISU  Yanhar Jamaluddin menekankan kepada mahasiswa pentingnya untuk menyampaikan informasi tentang UISU kepada masyarakat. Sebab, selama pelaksanaan KKN sejak 3 Februari hingga 20 Maret 2020 mendatang, mahasiswa FAI yang akan melaksanakan KKN akan menjadi duta-duta UISU dan langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Rektor juga menyampaikan 3 hal penting yang harus menjadi perhatian mahasiswa peserta KKN. Pertama, mahasiswa harus menjaga nama baik almamater dan mampu menyampaikan kondisi terkini. “Bahwa UISU siap melaksanakan proses belajar mengajar pendidikan tinggi seusia dengan visinya yang mengedepankan nilai-nilai keislaman,”ujarnya.

Kedua, KKN merupakan momen bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan seluruh pengetahuan dan pemahamannya yang selama ini diperoleh secara teoritis di perkuliahan. Sebab itu, belum tentu semuanya bisa dipraktikkan di lapangan, untuk itu dibutuhkan dosen pembimbing sebagai tempat untuk konsultasi. Terakhir, seluruh mahasiswa peserta KKN diminta untuk menjunjung tinggi akhlakul karimah karena akan menjadi cerminan terhadap mahasiswa secara personal dan UISU sebagai institusi perguruan tinggi swasta yang mengedepankan nilai-nilai keislaman. 

Peserta KKN yang terdiri dari 55 orang di Kecamatan Stabat diterima langsung Camat Stabat didampingi 6 kepala desa dan seorang lurah. Adapun desa-desa yang menjadi lokasi KKN angkatan XXII FAI UISU ini yaitu Desa Kwala Begumit, Desa Karang Rejo, Desa Pantai Gemi, Desa Mangga, Desa Ara Condong, Desa Banyumas dan Kelurahan Stabat Baru.

Acara serah-terima peserta KKN dari Dekan FAI-UISU Dr. Mohammad Firman Maulana MA kepada Camat Stabat Nuriadi S Sos diselenggarakan di aula Kecamatan Stabat. Dalam kata sambutannya, Dekan FAI sangat berterima kasih kepada camat dan para kepada desa dan lurah yang telah bersedia menerima mahaiswa untuk melaksanakan program KKN. “Karena para peserta KKN adalah mahasiswa yang masih dalam tahap belajar,” ucapnya.

Camat Stabat Nuriadi dengan senang hati menerima dan bahkan sangat berterima kasih kalau beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Stabat telah dipilih menjadi lokasi mahasiswa melaksanakan program KKN. “Semoga hal ini menjadi satu anugerah dan keberkahan,” ujarnya di hadapan rombongan FAI-UISU.  (Nas)

Print Friendly