Dinas Pariwisata Diminta Aktif Libatkan Pihak Ketiga Promosi Objek Wisata Kota Medan

KANALMEDAN – Anggota Komisi III DPRD Medan, Hendri Duin meminta Dinas Pariwisata Kota Medan untuk aktif menggandeng pihak ketiga guna mempromosikan tempat wisata di Kota Medan. Melalui keterlibatan pihak lain tersebut, diyakini kunjungan wisatawan ke Kota Medan akan meningkat. 

“Kita harus berani mempromisikan tempat wisata ke luar dengan melibatkan pihak ketiga. Misalnya, melalui maskapai penerbangan. Kemarin, kami baru kunjungan ke Bali. Mereka aktif mempromosikan objek wisata daerahnya dengan melibatkan Air Asia misalnya,” ungkap Hendri saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Pariwisata Kota Medan yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Medan, M Rizky Afri di ruang komisi, Senin (10/2).

Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Medan juga diminta memperbanyak promosi ke luar daerah dengan mengikuti even-even nasional maupun internasional. “Perilaku pelaku pariwisata maupun masyarakat Kota Medan juga harus diubah. Kita juga harus mengedepankan nilai-nilai adat. Karena itu lebih menjual,” bebernya. 

Anggota Komisi III DPRD Medan, Rudiawan mengingatkan even yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan tidak hanya seremonial saja. Dinas Pariwisata Kota Medan diharapkan dapat membuat road map tempat wisata yang baru. 

“Tempat wisata tersebut harus menambah nilai jual. Ini kita sudah tetapkan heritage Istana Maimoon, tapi gak bisa kita jual,” sindirnya sembari mengingatkan pariwisata dapat menjadi penyokong untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono mengaku pihaknya melaksanakan even adat budaya setiap tahunnya, yakni Pesona Collorfull Medan. Dalam even tersebut, ditampilkan sejumlah budaya di Kota Medan.

“Secara bergilir, kita menggelar even masing-masing budaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Medan. Sedangkan untuk heritage, dinas terkait sedang mengkonsep kota tua di Kesawan,” imbuhnya. (Jen)

Print Friendly