Delapan Madrasah Negeri Jadi Pilot Project Penerapan SKS

KANALMEDAN – Delapan Madrasah Negeri di Kementerian Agama Provinsi  Sumatera Utara akan dijadikan sebagai pilot project penerapan SKS (Sistem Kredit Semester).

Delapan madrasah tersebut yaitu, MAN 1, MAN 2, MAN 3 Medan. MTsN 1, MTsN 2, MTsN 3 Medan dan MAN Binjai serta MTsN Binjai. Delapan madrasah tersebut akan menerapkan SKS pada tahun ajaran baru tahun 2020/2021.

Menurut kepala MTsN 2 Medan yang juga sebagai panitia Bimbingan Teknik (Bimtek), Dr Salman Munthe MSi, didampingi Kepala MTsN 3 Medan, Hj Cici  Mahruliana mengatakan, dengan penerapan sistem kredit semester di madrasah, maka seorang siswa akan dapat menamatkan tugas belajarnya pada satu  jenjang  pendidikan tertentu  dalam waktu dua tahun dan tidak ada lagi istilah tinggal kelas.

Tetapi, kata Salman,  bisa juga  empat tahun belajar baru tamat. Semua tergantung pada kecerdasan dan kepintaran akademik siswa.

Selama ini, lama belajar di jenjang pendidikan sekolah/madrasah tingkat menengah dan tingkat atas adalah   3 tahun  (6 semester). Dengan diterapkannya sistem SKS, maka lama belajar di tingkat MTsN dan  MAN  hanya dua tahun saja sudah tamat, asalkan sudah tercapai jumlah SKS yang ditetapkan.

Untuk persiapan ke arah itu, maka MGMP mekaksanakan Bimtek ( Bimbingan Teknik) selama tiga hari di Asrama Haji Medan. Tujuannya antaralain untuk memberikan pelatihan, dan pemahaman serta memperluas wawasan  guru, pengawas dan kepala madrasah tentang teknis penerapan SKS tersebut.

“Kita berharap, melalui bimtek ini, para guru, pengawas dan kepala madrasah khususnya di delapan madrasah tersebut dapat segera merealisasikan program SKS di madrasah masing-masing” kata Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami  diwakili  Kabid Penmad H Mustapid. (Sor)





Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Print Friendly