Tim Urais Kemenagsu Gagal ‘Melobi’ Kemenag DS untuk Sertijab Kepala KUA

KANALMEDAN – Tim dari Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenagsu) gagal melaksanakan tugas  yang di perintahkan Kakanwil Kemenagsu H Iwan Zulhami SH MAP untuk melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) beberapa kepala KUA kecamatan di  Kemenag Deli Serdang.

Berdasarkan informasi diperoleh wartawan Senin (13/1), beberapa orang tim dari Bidang Urais Kanwil Kemenagsu turun ke Kemenag Deli Serdang untuk ‘melobi’ dan  melaksanakan ‘pengamanan’ SK Kepala KUA yang telah diterbitkan Kanwil Kemenagsu beberapa waktu lalu tetapi  orang-orang yang menerima SK  tersebut tidak bisa melaksanakan tugas karena ada penolakan dari Kemenag Deli Serdang.

Ternyata, tim yang ditugaskan Kakanwil dari Bidang Urais  tidak bertemu dengan pejabat kua yang dikunjungi, karena kedatangan tim sudah  menjelang tutup kantor.Akibatnya, serah terima jabatan sebagai misi utama gagal dilaksanakan.

Sekedar mengingat, pada 17 Desember 2019, Kanwil Kemenag Sumut mengambil alih pelantikan beberapa kepala KUA kecamatan Kemenag Deli Serdang. Hal ini karena Kakan Kemenag Deli Serdang tidak bersedia melantik beberapa pejabat KUA tersebut di Kemenag Deli Serdang, karena ia merasa tidak pernah mengusulkan pergantian kepala KUA di Kemenag Deli Serdang.

Paska dilantik dan dikukuhkan sebagai penghulu  dengan tugas tambahan kepala KUA, ke lima  kepala KUA tersebut ,  di antaranya KaKUA Kecamatan Patumbak, Percut Sei Tuan dan Ka KUA Kecamatan Sunggal Deli Serdang, belum pernah  melaksanakan tugas di tempat masing-masing, karena kepala KUA yang lama masih melaksanakan tugas sebagaimana mestinya menunggu ada petunjuk dari Kakan Kemenag Deli Serdang.” kita tetap melaksanakan tugas sambil menunggu petunjuk dari Kakan Kemenag sebagai atasan langsung,” kata salah seorang Kepala KUA yang ikut diganti.

Kasus ini seakan sudah menjadi bola liar, karena dari irjen Kemenag RI juga sudah turun ke Kanwil meminta keterangan dari kepala KUA yang diganti.

Terkait hal ini, Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami mengatakan, dalam waktu dekat semua akan terselesaikan dengan baik  “Ini hanya  miskomunikasi aja,” kata kakanwil via WA. (Sor)

Print Friendly